Sekdishub: Kegiatan Ramp Check Sifatnya Imbauan

0
37
Saat dilaksanakannya Kegiatan Ramp Check di Terminal Kembang Joyo.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kegiatan Ramp Check atau uji kelayakan yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) di Terminal Kembang Joyo, Pati dilakukan sifatnya hanya terkait imbauan. Dengan demikian, dalam pelaksanaannya, ketika ada angkutan yang ditemukan tidak uji laik jalan. Maka, tidak ada sanksi yang diberikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Perhubungan, Indri Nugraheni pada pelaksanaan kegiatan Ramp Check di Terminal Kembang Joyo. Dimana dengan menggandeng aparat kepolisian Pati saat operasi.

“Jadi, kegiatan ini sifatnya imbauan. Namanya juga operasi lilin, maka dalam prakteknya ketika ada yang tidak layak, kita tidak memberikan sanksi bagi angkutan itu,” ujarnya di sela kegiatan Ramp Check kepada Saminnews, Rabu (23/12/2020).

Pihaknya menambahkan, meski pada saat kegiatan ditemukan ada angkutan umum yang ternyata tidak memenuhi standar, lantas dengan memberikan imbauan. Hal ini Ia contohkan dengan ada salah satu kendaraan bus, dimana ban bagian belakang sudah tergolong halus. Dimana hal ini dinilai beresiko pada saat berkendara.

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan Ramp Check ini dengan sekali dayung, dua tiga terlampaui. Artinya, pihaknya juga selain menggelar Ramp Check juga operasi terkait kepatuhan kendaraan dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Iya ini kita juga memastikan penerapan protokol kesehatan. Dimana untuk kendaraan angkutannya itu kita batasi penumpangnya, tidak boleh hingga penuh,” jelas Indri.

Diketahui, bahwa pelaksanaan kegiatan Ramp Check oleh Dishub ini dimaksudkan sebagai memberikan rasa nyaman bagi masyarakat atau penumpang. Di sisi lain, memang uji kelayakan dari faktor kendaraan, angkutannya.

Kemudian, dalam waktu menjelang libur panjang akhir tahun libur Natal dan Tahun Baru 2021, aktivitas pergerakan di Terminal Kembang Joyo cukup ramai penumpang. Oleh karena itu, bagi pemudik antara datang dan pergi dari Pati diupayakan keselamatannya.