Rumah dan Gadangan di Jaken Terbakar, Kerugian Ditaksir 40 Juta

0
66

SAMIN-NEWS.com, Sebuah rumah milik warga Desa Sumberrejo, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati terbakar. Bukan hanya itu saja, api juga melahap kandang jerami (gadangan, red) yang berada persis di belakang rumah tersebut. Kejadian terjadi pada hari Kamis (24/12/2020).

Adapun rumah terbakar tersebut milik Solikin , seorang warga setempat. Begitu dengan Supomo, selaku pemilik kandang atau gadangan juga warga desa serupa.

Peristiwa kebakaran rumah dan gadangan ini diketahui sekira pukul 11.00 WIB. Dimana diawali terdengar suara seperti bambu yang terbakar. Kemudian, tetangga sekitar keluar dengan maksud melihat asal suara.

Selanjutnya, warga melihat asap yang disusul nyala api di bagian dinding rumah depan yang tidak lama api menjalar keatas. Melihat kejadian itu, para tetangga lantas berteriak kebakaran. Sehingga, warga sekitar keluar berlarian untuk segera memadamkan api.

Oleh warga memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya seperti selang pompa air, ember, dan lainnya. Dan usaha ini akhirnya membuahkan hasil, api kemudian padam. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 11.30 WIB.

Disebutkan bahwa rumah yang terbakar terbuat dari kayu jati, dengan atap genting. Sementara dinding rumah terbuat dari anyaman bambu (gedek, red). Dengan ukuran rumah 4×7 meter. Dan di belakang rumah terdapat kandang jerami ukuran 4/9 meter yang posisinya gandeng dengan rumah.

Akibat kebakaran rumah beserta gadangan yakni sejumlah perabotan rumah tangga berupa tempat tidur, almari, tv, alat masak, sepeda ontel ludes. Surat-surat berupa KTP, KK, Surat Nikah ikut musnah. Rumah utama dan gadangan jerami terbakar.

Kerugian peristiwa kebakaran ini ditaksir Rp. 40.000.000. Untuk dugaan penyebab kebakaran rumah dan gadangan jerami ini diperkirakan dari korsleting arus listrik.

Sementara itu, diketahui pada saat kejadian terjadi kebakaran, korban sedang bekerja di luar rumah. sehingga rumah dalam keadaan tidak berpenghuni.