PT Samin Media Pustaka; Siap Tanam Pohon Peneduh di Pinggir Jalan Objek Wisata ke Goa Pancur

0
141
Akses ruas jalan ke objek wisata ke Goa Pancur di Desa Jimbaran, Kecamatam Kayen yang siap ditanami pohon peneduh oleh PT Samin Media Pustaka bersama personel dari Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – PT Samin Media Pustaka yang menaungi Samin News dalam mewarnai  merebaknya informasi di Pati, kini tengah mempersiapkan pula sebuah kepedulian untuk ikut menjaga keseimbangan lingkungan. Karena itu, media yang dipilih untuk mewujudkan hal tersebut, adalah melaksanakan penanaman pohon peneduh di pinggir ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen.

Sedangkan beberapa mitra kerjanya yang diajak serta untuk melaksanakan tanam pohon ini, di antaranya adalah Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pati. Sudah barang tentu tak ketinggalan, adalah Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) setempat, serta rekanan yang kini tengah melaksanakan paket pekerjaan peningkatan ruas jalan tersebut, serta .

Sesuai kondisi ruas pinggir jalan yang sampai saat ini belum ada pohon peneduhnya, papar jajaran menajemen PT Samin Media Pustaka, Sigit Pamungkas, adalah mulai dari ujung depan masuk ke ruas jalan tersebut. ”Panjang seluruhnya jika sampai depan Balai Desa Jimbaran, adalah 1.100 meter, dan bila ditambah akses jalan masuk desa hingga ke lokasi depan gerbang goa seluruhnya sekitar 2.900 meter,”ujarnya.

Akses ruas jalan ke objek wisata ke Goa Pancur di Desa Jimbaran, Kecamatam Kayen yang siap ditanami pohon peneduh oleh PT Samin Media Pustaka bersama personel dari Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pati.

Akan tetapi, lanjutnya, pihaknya hanya akan mengambil penanaman mulai ujung jalan masuk hingga depan balai desa setempat, yaitu pada sisi kiri dan kanan ruas jalan. Sedangkan sampai saat ini akses ruas jalan itu masih dalam peningkatan pelapisan aspal untuk permukaan atas atau lapis aaus (Ac Wc), sehingga diharapkan nanti dalam pekan ini sudah tuntas.

Jika selesai penataan bahu jalan, paling tidak pihaknya bisa segera mempersiapkan lubang penanaman di sisi kiri dan kanan dengan jarak rata2 antarpohon 5 meter sehingga dibutuhkan lubang penanaman paling banyak 600. Untuk jenis tanaman yang sedang dipersiapkan di lokasi ini adalah ketapang kencana sebanyak 250 batang.

Untuk kekurangannya, adalah dengan penanaman pohon jenis munggur dan cemara laut sehingga nanti komposisinya diatur lebih lanjut, agar mendapat komposisi tanaman yang benar-benar maksimal. ”Sedangkan nanti yang penanaman di dalam desa desa dan lokasi kawasan perbukitan ditanam di atas areal goa dengan tanaman nangka, durian, dan jengkol biar teman-teman dari karangtaruna desa setempat,”imbuhnya.