Belum Sepenuhnya SMK di Kabupaten Pati Punya Unit BKK

0
59
Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Sri Mulyanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bursa Kerja Khusus (BKK) wajib dimiliki pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), baik itu negeri maupun swasta. BKK dimaksudkan sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja terhadap tamatan atau alumni.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja (PPTK) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati, Sri Mulyanto mengatakan jumlah unit BKK di Kabupaten Pati belum genap dari jumlah SMK itu sendiri.

“Terkait BKK pada SMK untuk saat ini sudah ada 30 BKK dari total 47 SMK yang ada di Kabupaten Pati,” ujar Mulyanto saat dikonfirmasi kepada Saminnews, Rabu (29/12/2020).

Kurangnya unit BKK pada SMK ini sifatnya merupakan wajib. Dimana hal ini sesuai dengan peraturan bagi lembaga pendidikan menempatkan alumninya melalui BKK yang dimiliki. Sehingga, peran vital BKK yaitu bagi alumni maupun SMK yang secara moral bertanggung jawab atas lulusannya.

Menurutnya, BKK di Kabupaten Pati ini ditargetkan tahun 2021 depan semua SMK sudah memiliki semua unit BKK. Karena, peraturan ini telah dianjurkan pemerintah mulai tahun 2014 yang lalu. Akan tetapi, pada awal berdirinya, namanya bukan sebagai unit atau lembaga, melainkan sebatas surat keterangan.

“Sebenarnya sejak tahun 2014 sudah ada BKK, namun namanya Surat persetujuan BKK. Dan masa berlakunya 3 (tiga) tahun yang sifatnya bisa diperpanjang. Sementara pada waktu itu ada 23 surat persetujuan BKK,” terang Mulyanto.

Pihaknya melanjutkan bahwa mengacu pada Permen 39 Tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja Ijin persetujuan BKK namanya berubah menjadi Surat Tanda Daftar BKK, dan masa aktif berlakunya selamanya. Bukan lagi seperti pengaktifan kembali dengan durasi periode tertentu.

“Sehingga, kami targetkan pada tahun 2021 semua SMK yang melakukan penempatan alumninya wajib memiliki tanda daftar BKK sesuai peraturan yang berlaku itu,” tutupnya.