Tingkatkan Capacity Building, Mahasiswa Ipmafa Adakan Pelatihan Jurnalistik

0
57
Suasana saat Workshop Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam rangka mendukung kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul, dibutuhkan upaya tersendiri yang spesifik kearah yang dituju. Dimana misalnya, secara personal melakukan upgrading skill atau pengembangan kemampuan. Hal ini dilakukan oleh Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Syeh Mutamakin Institut Pesantren Mathali’ul Falah (Ipmafa) menggelar pelatihan jurnalistik.

Ketua PMII Komisariat Syeh Mutamakin, Siti Asiyah mengatakan pelatihan jurnalistik oleh organisasi mahasiswa ini yakni untuk meningkatkan kapasitas secara personal khususnya dan secara komunal umumnya.

“Workshop Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, ‌dilaksanakan pada tanggal 1 November 2020. Yang bertempat di SMK Nusantara Margoyoso,” papar Asiyah kepada Saminnews, Selasa (3/11/2020).

Sebab, kata dia sebagai seorang mahasiswa selain memang mempunyai fasilitas status sosial berada di tengah, ketimbang status sosial pada umumnya. Maka, juga harus memenuhi tanggung jawabnya meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan, yakni terkait kemampuan menulis ilmiah.

Jamal Makmur selaku Pemateri Pelatihan memberikan penjelasan kepada Mahasiswa.

Adapun dalam ‌pemateri pelatihan jurnalistik itu disampaikan oleh Dr. Jamal Ma’mur Asmani, MA. Serta diikuti oleh mahasiswa setempat dengan ‌jumlah 40 peserta.

“Untuk meningkatkan kualitas mahasiswa IPMAFA dan mempermudah urusan dalam proses pembekalan tugas kuliah. Meningkatkan Skill mahasiswa dalam bidang menulis makalah dan menyusun slide power point,” harapnya dalam pelatihan jurnalistik tersebut.

Disamping itu, karena untuk saat ini pembelajaran dilakukan secara daring, maka satu sama lain kurang sosialisasi diantara mereka. Dengan kata lain, kegiatan ini setidaknya mampu menyediakan fasilitasi untuk saling berkomuninasi.

“Juga sebagai sarana pengenalan mahasiswa dari berbagai Program Studi (Prodi) melalui pelaksanaan yang diselenggarakan PMII Syekh Mutamakin,” tandas Asiyah.