Tagana Lakukan Penyemprotan Disinfektan Fasum di Sumberejo

0
92
Sekretaris Posko Covid-19 Desa Sumberejo, Kecamatan Jaken, Pati, Rini Pujiati SE (no 1 dari kiri) saat memberikan arahan kepada Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pati, sebelum melakukan penyemprotan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pati, Rabu (4/11) tadi pagi melakukan penyemprotan disinfektan fasilitas umum (Fasum) di Desa Sumberrejo, Kecamatan Jaken, Pati. Hal tersebut menyusul, meninggalnya salah seorang perempuan warga desa setempat yang meninggal dan dimakamkan dengan standar protokol Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan oleh Skretaris Posko Covid-19 Desa Sumberejo, Kecamatan Jaken, Rini Pujiati SE yang dalam kesempatan itu harus mengarahkan kepada pihak Tagana, fasum apa saja yang harus dilakukan penyemprotan disinfektan. Sedangkan meninggalnya almarhumah yang Selasa (3/11) kemarin siang dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ngulaan Desa Sumberejo, sebelumnya almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo.

Demikian pula, sebelum menjalani perawatan di rumah sakit itu, almarhumah yang bersangkutan memang mempunyai penyakit lambung kronis. ”Terlepas dari hal tersebut, karena pemakamannya dilakukan dengan standar protokol Covid-19, maka kami harus berupaya menciptakan situasi tenang di kalangan warga,”ujarnya.

Sekretaris Posko Covid-19 Desa Sumberejo, Kecamatan Jaken, Pati, Rini Pujiati SE (no 1 dari kiri) saat memberikan arahan kepada Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pati, sebelum melakukan penyemprotan.

Salah satu upaya yang harus dilakukan oleh Posko Covid-19 Desa Sumberejo, lanjutnya, adalalah melakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum (Fasum) oleh Tagana. Sasaran penyemprotan fasum tersebut antara lain, dan yang utama adalah pasar desa setempat mengingat pasar merupakan tempat bertemu dan berkumpulnya banyak warga yang melakukan transaksi jual-beli.

Dengan demikian, mereka tentu bukan hanya warga Sumberejo yang tiap hari berkunjung ke pasar tersebut tapi ada warga dari desa lain di sekitarnya. Sedangkan sasaran lainnya, adalah toko-toko yang tiap hari juga buka melayani pembeli sehingga hal tersebut juga tidak terlepas dari sasaran upaya penyemprotan disinfektan.

Sasaran fasum lainnya, yaitu sekolah, mushala dan juga masjid  serta beberapa tempat lainnya dengan harapan agar upaya tersebut bisa menenangkan warga, dan jangan panik. ”Tetaplah selalu mematuhi protokol kesehatan, agar mata rantai penyebaran virus Covid-19 bisa diputus, sehingga masa pandemi covid ini juga bisa segera berakahir,”tandasnya.