Runtuhnya Atap SD 02 Ngarus Mulai Diperbaiki

0
68
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, Winarto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Runtuhnya atap SD 02 Ngarus, Pati, memaksa Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, Winarto, harus segera memanggil langkah cepat. Yakni mulai melakukan perbaikan total kerangka atap ruang kelas yang runtuh karena diterpa hujan dan angin, Minggu (1/11) malam.

Kendati yang runtuh total adalah atap ruang Kelas III, tapi ruang Kelas II dan I yang bersebelahan pun kondisinya mengalami kerusakan, sehingga harus dilakukan penggantian secara total. Hal tersebut juga dialami ruang laboratorium yang letaknya bersebelahan ruang Kelas III di deretan paling barat bagian eternit atau plavon ruangan tersebut sudah ambrol di dua titik.

Untuk memperbaiki rusaknya bangunan ruang kelas tersebut, papar Winarto, pihaknya kini tengah mengajukan alokasi anggaran baik ke tingkat pemerintah pusat juga di daerah. ”Hal itu diprioritaskan juga untuk perbaikan SD yang berdasarkan skala prioritas mengalami kerusakan, dan mendesak untuk diperbaiki,”tandasnya.

Ketika hal tersebut ditanyakan, Winarto lebih lanjut menyatakan, pihaknya tidak hafal satu per satu karena yang menyimpan data tersebut adalah Bagian Sarana dan Prasarana (Sarpras). Prinsipnya bagi yang sudah masuk daftar skala prioritas, harapannya anggaran untuk keperluan perbaikan bisa secepatnya turun, terutama untuk perbaikan SD 02 Ngarus.

Apalagi, jika mengingat SD tersebut statusnya adalah Sekolah Adiwiayata Nasional, sehingga kondisi fasilitas yang tersedia terutama ruang kelas untuk belajar harus benar-benar maksimal.  Karena itu, untuk memperbaiki kondisi fasilitas ruang kelas yang mengalami kerusakan saat ini pihaknya langsung mengundang tukang sebanyak delepan orang.

Kendati sampai saat ini belum ada kegiatan belajar mengajar tatap muka, tapi sewaktu-waktu ruang kelas tersebut dibutuhkan tetap sudah harus tersedia. ”Kami pun sangat berterima kasih, karena banyak pihak yang menaruh perhatian terhadap masalah ini, sehingga sampai Muspika Kecamatan Pati ikut bekerja bakti, baik menempatkan meja kursi yang masih ada di luar atau juga atap genteng yang baru diturunkan,”imbuhnya.