Kapolsek Margorejo; Sejak Dini Ingatkan Warga Sokokulon Soal Banjir Kali Ngasinan

0
402
Sangkrah yang menutup/menyumbat bawah jembatan alur Kali Ngasinan di Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Datangnya peringatan dini tentang ancaman terjadinya banjir bandang akibat meluapnya alur Kali Ngasinan yang melintas di Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo, Pati. Peringatan itu dilakukan oleh pihak Polsek Margorejo berdasarkan limpasnya gelontoran air dari jembatan alur kali tersebut, Senin (2/11) saat sore kemarin.

Hal itu menyusul turunnya hujan deras sejak siang hari, dan bahkan contoh terhadinya banjir bandang yang sempat menjebol tanggul sehari sebelumnya juga terjadi di Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso. Karena itu , warga yang berdiam di pinggir alur kali tersebut, baik itu desa tetangga seperti Jimbaran dan Bumirejo hendaknya tetap waspada jika sewaktu-awaktu cuaca berubah menjadi ekstrem.

Kapolsek Margorejo, AKP Purwito melalui Kanit Binmas Ajun Komisaris Polisi Satu (Aiptu) Moch Rivai memaparkan, dengan kejadian meluapnya air alur kali dari dampak tersumbatnya alur bawah jembatan Kali Ngasinan, maka warga diharpkan untuk aktif melihat langsung ke lokasi. ”Lebih-lebih bila sedang turun hujan deras, hendaknya ada yang memantau di atas jembatan itu,”tandasnya.

Sisa-sisa limpasan air dari alur kali tersebut baik di jalan desa maupun halaman rumah warga, sehingga salah seorang Babinkamtibmas desa itu harus berada di lokasi kejadian, Senin (2/11) sore kemarin.

Tujuannya tak lain, lanjutnya, jika alur bawah jembatan tersumbat ”sangkrah” dari hulu, maka warga hendaknya bersama-sama membersihkannya. Akan tetapi, kehati-hatian saat membersihkan aneka ”sangkrah” saat limpasan air cukup deras, cukup menggunakan bambu atau galah untuk menyurungnya, agar ”sangkrah itu tidak semakin menutup alur bawah jembatan.

Dengan demikian, aliran air yang tersumbat pasti akan kembali mengalir normal, dan jika hujan deras terjadi pada tengah malam, maka yang mengecek jembatan itu juga harus lebih dari dua orang. Hal tersebut untuk menjaga terjadinya hal-hal tak diinginkan, sehingga masyarakat harus bersama-sama mencegah terjadi banjir luapan Kali Ngasinan dengan bekerja bakti membersihkan sampah yang terdapat di alur kali itu.

Sedangkan alur kali lainnya di wilayah Polsek Margorejo, adalah alur kali yang melintas di dekat Punden Palu Ombo ke sekatan memasuki lingkungan kawasan permukiman warga Margorejo, sehingga harus ada kerja bakti membersihkan alur kali tersebut. ”Selebihnya adalah alur kali yang sudah menyempit di Desa Sukoharjo, atau sebelah Panti Asuhan Tunas Bangsa dan SDLB,”imbuhnya.