Pengaspalan Tambahan Akses Lebar Jalan Goa Pancur Segmen 1 Hari Ini Tuntas

0
39
Segmen 1 pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, untuk pengaspalannya, Kamis (12/11) hari ini tuntas.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tahapan pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, adalah pengaspalan penambahan lebar badan jalan. Semula lebar badan jalan tersebut hanyalah tiga meter, tapi sekarang ditingkatkan menjadi lima meter, sehingga masing-masing sisi kiri dan kanan lebarnya ditambah satu meter.

Pada bagian ini, papar salah seorang pelaksana lapangan rekanan pemenang tender proyek tersebut, Eddy, sebelum itu pihaknya harus membuat lubang galian untuk pelebaran itu dengan kedalaman 40 cm, dan lebar 100 cm. Setelah itu dilakukan pengurukan pasir bercampur batu (sirtu), kemudian dipadatkan secara maksimal, barulah tahap berikutnya dilakukan pengaspalan.

Hal tersebut dilaksanakan pada segmen pertama mulai dari ujung gerbang jalan masuk desa sampai pertigaan depan balai desa setempat, dan panjang seluruhnya mencapai 1.100 meter. ”Untuk pelaksanaan pengaspalan tambahan lebar jalan tersebut pada segmen pertama hari ini seluruhnya bisa dituntaskan, sehingga akses ruas jalan itu sekarang lebarnya sudah mencapai lima meter,”ujarnya.

Segmen 1 pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, untuk pengaspalannya, Kamis (12/11) hari ini tuntas.

Dengan demikian, lanjut Eddy, jika nanti peningatan seluruh ruas jalan tuntas maka bila sewaktu terjadi para pengguna jalan yang berkendara harus bersimpangan, hal tersebut akan leluasa. Karena itu selesaianya pengaspalan penambahan lebar jalan segmen 1 ini, berikutnya adalah pengaspalan penambahan lebar jalan segmen kedua, yaitu mulai perempatan makam ke sekatan hingga batas ruas jalan yang bertalut.

Karena panjang ruas jalan tersebut hanya separuhnya dari segemen pertama, maka untuk pengaspalan lebar jalan itu membutuhkan waktu kurang dari dua hari. Sedangkan pada pekerjaan segmen ketiga hal ini membutuhkan waktu sedikit lama, karena untuk pelebaran jalan menggunakan konstruksi rigid beton yang tepi sisi kiri dan kanan dipasang talut penahan.

Sedangkan untuk pelaksanaan akhir dari masing-masing segmen pekerjaan itu adalah, pengaspalan badan jalan muali dari akses gerbang ruas jalan masuk di pinggir jalan Pati-Purwodadi, dan terakhir sampai gerbang masuk  kawasan objek wisata Goa Pancur. ”Karena itu pengaspalan seluruh badan jalan akan kami laksanakan secara menyeluruh di akhir pekerjaan nanti,”tandasnya.