Jumlah Permohonan AK1 di Disnaker Pati Membludak

0
24
Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja (PPTK) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati, Sri Mulyanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati menyebut untuk saat ini jumlah masyarakat yang mengajukan Kartu Kuning, yakni kartu tanda pencari kerja atau AK1 di pemerintah mengalami peningkatan. Dimana hal ini diakui menyebabkan kondisi membludak.

Hal tersebut berdasarkan uraian Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja (PPTK) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati, Sri Mulyanto.

“Ini lagi sibuk pelayanan AK1 di Naker. (Karena) Membludaknya para pengajuan AK1 ini lantaran mau dibukanya PT. Sejin Fashion Indonesia,” katanya saat dihubungi Saminnews, Kamis (12/11/2020).

Dengan dibukanya lapangan pekerjaan di PT Sejin Fashion Indonesia ini berakibat pada permohonan pengajuan kartu pencari kerja. Sehingga, ke depannya bisa digunakan untuk melamar kerja di tempat perusahaan baru itu, maupun di tempat lain.

Pihaknya menyebut kondisi membludaknya jumlah permohonan AK1 oleh masyarakat ini telah dimulai sejak Jumat (6/11) pekan lalu. Hingga sekarang pun kondisinya masih sama.

“Jumat kemarin sudah rame mas. Adapun per harinya pengajuan AK1 di Naker dua ratus Pencari Kerja (pencaker lebih per harinya,” tegas Mulyanto.

Dengan melihat peluang yaitu akan dibukanya perusahaan tersebut setidaknya akan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Pati. Disamping itu, kesejahteraan masyarakat diharap akan berbanding lurus terhadap lapangan pekerjaan maupun penghasilan ekonomi.