Pemberitaan Pemakaman Jenazah Standar Protokol Covid-19 Oleh Samin News Menyadarkan Besarnya Rasa Tanggung Jawab

0
72
Salah satu hal yang menjadikan tim selalu guyub adalah jika ada dari keluarga yang dimakamkan mengirim nasi ke makam untuk kenduri bagi orang yang meninggal.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Munculnya respons dalam bentuk pemberitaan dan pemberian piagam penghargaan oleh jajaran redaksi ”Samin News” kepada tim pemakaman dengan standar protokol Covid-19, hal itu menyadarkan betapa besarnya tanggung jawab timnya untuk melaksanakan tugas tersebut. Karena itu, mereka tetap tak patah semangat dan justru merasa tertatang, sejauh mana kemampuan mereka dalam melaksanakan tugas tersebut.

Hal itu diungkapkan salah seorang Koordinator Pemakaman dengan standar protokol Covid-19 dari Badan Penanggulqangan Bencana Daerah (BPBD) Sunarto SPd, usai menerima penghargaan dari media ”Samin News” selesai pemakaman jenazah dengan standar protokol Covid-19, di Desa Wegil, Kecamatan Sukolilo, Pati, Rabu (11/11) tadi pagi. Karena itu, pihaknya menaruh simpati atas pemberian suport kepada teman-tewan relawan.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan terima kasih karena media yang bersangkutan selama ini selalu datang dan melakukan liputan langsung di lokasi pemakaman, baik pagi, siang maupun malam. ”Kelihatanya masalah jarak lokasi TPU yang untuk pemakaman, seperti jika ada kesempatan pasti meluangkan waktu untuk meliput pemakaman yang kami lakukan,”tandasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, semangat yang tak pantang menyerah dalam meliput dan menyajikan berita inilah yang bisa menjadi pendorong semangat teman-teman dalam melaksanakan tugas. Apalagi, mereka merasa ada teman media yang selalu melakukan liputan di lapangan, dia menilai memang demikian seharusnya dalam upaya mendapatkan berita yang harus disajikan kepada khalayak pembacanya.

Terlepas dari itu, pihaknya juga merasa ada yang memberikan semangat serta perhatian bahwa tugas pemakaman jenazah ini ternyata ada yang memperhatikan, sehingga paling tidak tidak hanya semata-mata hujatan atau cemoohan yang dihadapi saat berada di lapangan. Jika hal tersebut sebagai hal biasa, maka apa yang dilakukan jajaran Redaksi Samin News, sebenarnya hanyalah hal sederhana tapi mampu menggugah semangat tim.

Apalagi setelah berbulan-bulan bertugas, ternyata ada di antara mereka  termasuk dia sendri juga pernah dirasuki rasa jenuh secara psikis, sehingga hal tersebut jika tidak segera diatasi dampaknya akan berimbas pada teman yang lain. ”Karena itu,  kehadiran Samin News seolah-olah memang tepat waktu untuk bersam-sama mempertegas, bahwa pemakaman jenazah dengan standar protokol Covid-19 sampai saat ini memang masih belum selesai,”imbuhnya.