Gedung Server Terpadu Diskominfo Baru Setengahnya Dioperasikan

0
39
Kepala Diskominfo Kabupaten Pati, Indriyanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Gedung server terpadu baru Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati sudah selesai dan sekarang ditempati digunakan untuk keperluan kedinasan setempat. Sebelumnya, pengerjaan proyek pembangunan itu dilaksanakan pada bulan April 2020 lalu, segera difungsikan.

Kepala Diskominfo, Indriyanto mengatakan pemindahan server dari gedung lama ke gedung baru sudah selesai dipasang. Bertempat di lantai dua itu sebagai ruang server. Adapun lantai bawah sebagai media center.

“lantai yang atas itu untuk ruang server, dan kini sudah berjalan. Dulu ruang server bertempat gedung lama, lantas kemudian dipindahkan. Akan tetapi, lantai yang bawah untuk media center, ini masih proses,” katanya saat ditemui di kantornya kepada Saminnews, Sabtu (28/11/2020) tadi pagi.

Pada lantai bawah ini masih dalam proses tata laksana, dan pembenahan yang lain terkait tata ruang. Gedung server terpadu ini terdiri dari dua lantai. Dan masing-masing punya konsep sendiri. Sehingga, untuk keseluruhan konsep gedung server terpadu baru itu separuh fifty-fifty. Bagian atas sudah selesai, berlainan dengan yang bawah belum dioperasikan.

Ruang server terpadu merupakan ruang server pusat pengolahan elektronik untuk melayani kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD)  dalam rangka menerapkan birokrasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

“Pada lantai atas, di samping sebagai ruang server juga sebagai tempat keamanan yaitu ruang SOC (security operation center) atau operasi keamanan informasi serta keamanan jaringan itu sendiri,” sambung Indriyanto.

Selanjutnya, fungsi ke depannya yakni kegiatan semua OPD bisa masuk dan dipantau atau setidaknya bisa dilihat bersama program kerja maupun perkembangan dari tugas masing-masing OPD di jajaran pemangku kebijakan. Karena, datanya masuk pada Diskominfo bisa diakses oleh OPD yang lain sebagai motivasi mental untuk lebih maksimal dalam kewenangan dan tugas fungsinya.