Gedung Server Baru Diskominfo Dioperasikan Full Awal Tahun 2021

0
46
Ruang literasi yang tampak masih kosong, belum ada fasilitas yang di sediakan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Indriyanto menegaskan gedung server terpadu baru akan beroperasi secara full (penuh, red) pada awal tahun 2021 mendatang. Pasalnya, untuk saat ini baru Setengahnya yang berjalan, yaitu pada bagian ruang server.

“Penggunaan seratus persen full kita upayakan ya, awal bulan Januari. Untuk bagian server ya sudah berjalan, tapi secara full ya bulan Januari kita mulai menata,” katanya saat ditemui di kantornya kepada Saminnews, Sabtu (28/11/2020).

Dimana pembangunan gedung server terpadu baru itu merupakan peningkatan infrastruktur jaringan internet. Ke depannya, ada fasilitas server, control jaringan termasuk Security operation center (SOC) sebagai keamanan jaringan tersebut. Keamanan ini akan menjangkau terhadap aktivitas serangan hacking, malware dan sebagainya.

Ruang literasi yang tampak masih kosong, belum ada fasilitas yang di sediakan.

Konsep konstruksi yang dibangun itu telah dirancang sedemikian rupa dalam menunjang aktivitas keperluan kedinasan. Bangunan gedung itu terdiri dari dua lantai. Adapun bagian atas dimaksudkan ruang server. Sedangkan lantai bawah sebagai media informasi.

“Di samping itu, pada lantai bawah disediakan space literasi. Itu kan masih kosong, nanti kita sediakan kursinya awal tahun sebagai pelengkap ruangan yang nyaman,” imbuhnya.

Sesuai dengan namanya, Indriyanto mengatakan bahwa di ruang literasi untuk memfasilitasi kepada masyarakat yang berfungsi sebagai edukasi, akses informasi. Akses informasi yang sedianya dimaksudkan kepada kegiatan-kegiatan yang diperlukan. Misalnya oleh OPD, bahkan nantinya juga ruang literasi itu bisa digunakan dalam hal pelatihan.

“Yang jelas di situ fasilitasnya ada wifi, karena sebagai tempat literasi tentunya untuk masyarakat, wartawan juga di sini juga boleh mengakses Internet untuk keperluannya. Dan ini berjalan Januari tahun depan,” pungkasnya.