Akses Ruas Ujung Pertigaan Jalan ke Kolam Tambat Kapal Harus Dibuka

0
84
Akses ujung pertigaan ruas jalan menuju ke kolam tambat kapal lewat ruas jalan Karangmangu, Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Rekanan yang melaksanakan paket pekerjaan peningkatan ruas jalan dengan konstruksi rigid beton, mulai Senin (16/11) siang tadi diharuskan untuk membuka akses jalan di ujung pertigaan menuju kolam tambat kapal. Hal tersebut hanya berlaku untuk kendaraan yang melintas dari jalan Karangmangu di Desa Bajomuyo, Kecamatan Juwana.

Hal tersebut ditambah sedikit akses jalan menuju ke lokasi beberapa coolstorage di sisi barat ruas jalan itu, sehingga kegiatan usaha di perusahaan tersebut bisa kembali normal. Akan tetapi syaratnya, jika ada kendaraan keluar masuk ke tempat usaha tersebut jalannya tetap satu-satu, karena akses ruas jalan rigid beton yang sesuai uji laboratorium sudah memenuhi syarat untuk dilewati baru satu sisi ruas yang sebelah barat.

Menyikapi kondisi tersebut, pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Amin menegaskan, pihaknya siap membuka ujung pertigaan ruas jalan itu. ”Akan tetapi, kami akan terlebih dahulu menguruk/menutup bagian bahu jalan dengan beskos hingga ke permukaan oprit jembatan, termasuk bagian kanan ujung jalan Karangmangu,”ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, akses kendaraan dari selatan yang melintas di jalan Karangmangu jika hendak ke kolam tambat kapal di Pulau seprapat lebih leluasa. Sebab, setelah sampai di ujung pertigaan tersebut kendaraan ini harus belok ke kanan (utara), sehingga harus menunggu sesaat jika dari selatan atau pada lokasi coolstorage juga hendak keluar menuju ke jalan Karangmangu.

Sebab, kendaraan dari lokasi itu belum bisa langsung ke selatan lewat akses ruas jalan Bajomulyo yang baru beberapa hari dituntaskan pengecoran rigid betonnya. Untuk bisa dilewati kendaraan dari utara maupun selatan harus menunggu terlebih dahulu, atau menunggu setelah umur beton maksimal mencapai 28 hari.

Berdasarkan kondisi tersebut, jika siang tadi pihaknya langsung busa menggelar beskos untuk sisi kiri ujung pertigaan ke kolam tambat kapal, maka pembukaan akses ujung jalan itu sudah maksimal. ”Atau paling tidak para pengguna jalan yang hendak ke kawasan Pulau Seprapat atau kawasan kolam tambat kapal sudah mulai maksimal,”imbuhnya.