Untuk Bisa Memasang Talud Harus Menyingkirkan Galian Lumpur Kali

0
44
Puluhan pekerja harus dikerahkan untuk memasang talud akses peningkatan ruas jalan Bajomulyo, Kecamatan Juwana.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk peningkatan ruas jalan Bajomulyo, Kecamatan Juwana selain dengan konstruksi rigid beton juga diperkuat dengan talud penahan. Untuk melaksanakan pekerjaan yang disebut terakhir, ternyata harus mengeruk tepi alur kali agar talud bisa terpasang maksimal tapi konsekuensinya harus diikuti dengan upaya untuk bisa membuang galian lumpur yang harus dikeruk.

Sebab, di lokasi sekitar pelaksanaan pekerjaan tersebut sama sekali tidak ada tempat yang bisa digunakan untuk membuang galian lumpur berwarna hitam pekat itu. Dengan demikian, maka rekanan yang melaksanakan pekerjaan tersebut harus mencari tempat pembuang di lokasi lain yang jauh dari lokasi proyek.

Hal itu dibenarkan pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Galuh, ketika ditanya di lokasi pekerjaan pemasangan talut yang sudah mulai dikerjakan sejak Senin (5/10) lalu. ”Dengan demikian sampai hari ini untuk pelaksanaan pekerjaan itu sudah berlangsung lima hari dengan mengerahkan banyak pekerja, mengingat  hari kalender yang tersedia sangat terbatas,”ujarnya.

Selesai tepi alur kali digali dan dibuang galian lumpurnya maka pekerjaan pemasangan talud penguat pun dilakukan.
Agar pekerjaan tersebut tidak terganggu maka dari ujung pertigaan ruas jalan itu ke utara ditutup total.

Dari volume pekerjaan panjang ruas jalan 1.372 meter dan lebar 7 meter, lanjutnya, paling tidak harus diperkuat dengan talut pada kedua sisinya, yaitu sisi kiri dan kanan, serta saluran pembuang (drainase). Untuk pekerjaan ini harus bisa dituntaskan lebih dahulu, karena hari kalender pekerjaan sesuai kontrak adalah sampai 31 Desember, maka dalam hari kalender tersebut tidak hanya sema-mata harus menyelesaikan fisik pekerjaan tapi juga harus administrasinya.

Karena itu ada pemikiran untuk melaksanakan pekerjaan lainnya yang utama, adalah rigid beton dan hal tersebut harus didiskusikan dengan para pelaksana di lapangan. Sedangkan untuk paket pekerjaan talut di sisi kiri (barat) dari selatan ke utara mencapai 387,5 meter dan tingginya (H) 2,2 meter, dan untuk sisi kanan (timur) panjang 320,5 meter serta tinggi (H) juga 2,2 meter.

Dengan demikian, panjang seluruh talud sisi kiri dan kanan adalah 708 meter, dan untuk drainase 90 meter dan tinggi (H) 0,6 s/d 1,1 meter. ”Mengingat kondisi tersebut, maka agar paket pekerjaan pemasangan talut dan juga drainase ini bisa tuntas sebelum satu bulan maka jumlah pekerjamnya harus diperbanyak,”tandasnya.