Tenaga TKSK Sebagai Wujud Pilar Kemanusiaan

0
27
Kepala Dinas Sosial (tengah) foto bersama dengan Tenaga TKSK.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlidungan Anak, dan Keluarga Berencana (Dinsosp3akb)  melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Tri Haryumi mengatakan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) merupakan pilar kemanusiaan. Hal ini disampaikan saat memperingati ulang tahun TKSK yang ke-11.

“TKSK itu merupakan pilar-pilar. Jadi, bukan hanya tentang bantuan sembako itu ya. Melainkan, lebih daripada itu yang pada intinya adalah tentang kemanusiaan,” ujarnya saat dikonfirmasi Saminnews, Jumat (9/10/2020).

Keberadaan TKSK, lanjut Tri merupakan tenaga relawan di bawah Kementerian Sosial (Kemensos) yang ditempatkan atau didelegasikan pada tiap-tiap Dinas Sosial di daerah. Dalam fungsi tugasnya terkait dengan kemanusiaan itu misalnya mengurusi orang gila atau orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

Sebab, orang gila dengan keterbatasannya tidak bisa seperti orang normal pada umumnya. Selain itu, misalnya orang gila yang dikirim oleh pihak Satpol PP dikirimkan ke Dinas Sosial. Selanjutnya ibarat kita rumat (urus, red), kita bersihkan, diberi makan, tambahnya.

“Kemudian, setelah itu dikirim ke panti biar sembuh, pokoknya ya biar diopeni (dirawat, red). Atau barangkali diperlukan dimasukkan ke rumah sakit jiwa,” jelas Tri.

Adapun diusia TKSK yang semakin matang ini, pihaknya berharap mereka untuk semakin maju dan tetap semakin semangat. Pasalnya, secara finansial pendapatan mereka belum bisa dikatakan sebanding dengan anggaran yang dikeluarkan pemerintah. Hal ini jika kita tengok antara kerjaan mereka siang-malam, tapi anggaran yang diperuntukkan belum sesuai.

“Artinya kan itu belum sebanding. Oleh sebab itu agar tetap maju dan semangat untuk kemanusiaan. Dimana mengurus itu yang berkaitan dengan persoalan sosial,” tandasnya.