Dispermades Gelar Pelatihan IT Tingkatkan Kemampuan Aparatur Desa

0
22
Suasana saat diselenggarakannya program pelatihan peningkatan wawasan teknologi untuk para perangkat desa oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk menunjang sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, sekiranya perlu capacity building atau pengembangan kapasitas. Hampir semua sektor melakukan kegiatan tersebut, mulai dari organisasi, bidang perusahaan, hingga pemerintahan. Ini dimaksudkan untuk menambah wawasan pengetahuan agar bisa bergerak mengambil sikap inovatif dan kreatif.

Dalam bidang pemerintahan, Kabupaten Pati melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) menyelenggarakan program pelatihan peningkatan wawasan teknologi untuk para perangkat desa. Acara itu dilaksanakan di kantor setempat, Kamis (8/10) kemarin pagi.

“Sebenarnya acara ini rutinan tiap tahun. Dimana untuk memberikan pelatihan kemampuan teknologi bagi aparatur desa yang menjalankan fungsi di bidangnya yaitu selaku operator desa,” ungkap Kepala Dispermades Sudiyono saat ditemui di ruang kerjanya.

Lanjutnya, pelatihan akan mampu meningkatkan pengoperasian berbasis informasi teknologi (IT). Aparatur desa diajak untuk bertransformasi mengikuti perkembangan zaman yak tak bisa dilepaskan dari teknologi digital. Ini akan mendukung percepatan pembangunan dari ruang lingkup bawah. Disamping itu, bisa mengeksplorasi potensi desa masing-masing.

Tuntutan zaman mengharuskan untuk beradaptasi, yang semula menggunakan sistem tata manual beralih ke teknologi. Oleh karena itu, mereka (aparatur desa) diharapkan bisa menguasai teknologi informasi untuk menunjang pemerintahan yang transparan serta efektif.

“Meningkatkan kemampuan khususnya bidang IT, untuk menunjang fungsi pemerintahan. Selain itu dalam data laporan, dan sebagainya. Ini bisa menunjukkan kemajuan di Desa,” imbuh Sudiyono.

Hal ini perlu dilakukan, seiring berkembangnya teknologi yang sangat pesat. Tujuannya, agar masyarakat bisa melek teknologi dan lebih mudah dalam mengakses informasi dari desa, serta mendapatkan pelayanan lainnya.