Siswa SMA N 1 Bae Raih Juara III KSN Tingkat Nasional

0
28
Kepala Seksie (Kasie) SMA dan Sekolah Luar Biasa pada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Haryanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Seksie (Kasie) SMA dan Sekolah Luar Biasa pada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Haryanto mengatakan SMA yang notabenenya/Cabang Dinas III berada di bawah kewenangannya berhasil mengirimkan salah satu delegasinya meraih juara atas Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2020.

Adapun pelaksanaan KSN tahun 2020 ini dimulai dari 12 s/d 17 Oktober. Karena dalam bidang sains sendiri ada banyak cabang yang dilombakan. Untuk jenjang SMA ada 9 (sembilan) cabang yang dilombakan. Masing-masing dari Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Astronomi dan Astrofisika, Geografi, Kebumian dan Ekonomi.

Hadangan yang disebabkan Pandemi COVID-19 telah mendorong diselenggarakannya berbagai ajang  secara virtual. Karena di masa pandemi COVID-19 maka KSN tahun ini diselenggarakan secara virtual baik pada tahapan seleksi dan juga kompetisi. Mulai dari seleksi daerah hingga tingkat nasional.

“Lomba KSN tingkat nasional sudah ditutup hari Jumat kemarin. dan Alhamdulillah di bawah kewenangan kita bisa meraih juara dalam KSN seleksi nasional,” kata Kasie SMA dan Pendidikan Khusus (SLB), Haryanto kepada Saminnews, Senin (19/10/2020).

Sekolah yang dimaksud oleh pihaknya, yaitu SMA N 1 Bae Kudus. Dimana salah satu siswinya dengan nama Briliana Dea Riska R. mampu meraih juara 3 dalam bidang Biologi. Juga sebelumnya telah mengikuti seleksi pada tingkat provinsi, hingga sampai juara III tingkat nasional.

Diketahui, SMA di bawah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah ada dua peserta yang mewakili. Terdiri dari SMA N 1 Bae, Kudus dan SMA N 1 Pati. Namun, untuk yang terakhir itu, belum bisa dikasih kesempatan untuk meraih juara.

SMA N 1 Pati setelah sebelumnya mengirimkan siswanya atas nama Berliana Cipta Rizka Annisa. Dirinya menjadi juara 1 pada tingkat provinsi Jawa Tengah dalam bidang Ekonomi.