Meskipun di Tengah Pandemi, 224 Formasi Perangkat Desa Siap Diisi

0
313
Kabag Bina Desa Setda Pati, Sukardi.
Kabag Bina Pemdes Setda Pati, Sukardi.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam rangka mengisi kekosongan perangkat desa, meskipun di tengah masa pandemi setidaknya 114 desa di Kabupaten Pati akan menyelenggarakan pengisian perangkat desa secara serentak untuk mengisi kekosongan tersebut.

Hal itu sesuai dengan yang disampaikan oleh Kabag Bina Desa Setda Pati, Sukardi saat ditemui Samin News di ruang kerjanya. “Setidaknya ada 224 formasi perangkat desa yang akan diisi secara serenatak dalam gelaran kali ini,” tuturnya, Senin (19/10/2020)

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa tahapan pengisian perangkat desa tersebut mulai dari penjaringan, penyaringan, hingga pengangkatan dan pelantikan akan dilaksanakan mulai bulan Oktober hingga Desember mendatang.

“Untuk ujian tertulis nantinya pemerintah daerah akan bekerjasama dengan pihak ketiga yang sebelumnya sudah bekerja sama,” lanjutnya.

Sementara saat disinggung mengenai urgensi pengisian perangkat desa di tengah kondisi pandemi covid-19, Sukardi menyebut bahwa pengisian kekosongan tersebut sebelumnya telah tertunda selama 2 tahun.

“Hal ini diselenggarakan karena sebelumnya pengisian perangkat desa di Kabupaten Pati telah tertunda selama 2 tahun. Akan tetapi karena dalam kondisi masa pandemi, kami hanya memfasilitasi desa-desa yang mengajukan pengisian posisi perangkat desa yang kosong saja,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga mengatakan bahwa nantinya proses pengisian perangkat desa tersebut juga akan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.