MGMP IPS Pati Bakal Adakan Lomba Secara Daring

0
39
Kepala SMP N 4 Pati, Mulyono (kanan), kadisdik ud Pati (tengah), Yayan Surian syah, guru smp 4 Pati (kiri).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala SMP N 4 Pati, Mulyono mengatakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kabupaten Pati akan menyelenggarakan perlombaan. Namun, tidak seperti pada umumnya lomba, sebab nanti akan dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online.

“Rencana kami dari MGMP IPS akan mengadakan lomba IPS secara daring. Dan hari ini baru kami koordinasi dengan panitia,” ujar Mulyono kepada Saminnews, Selasa (27/10/2020).

Kegiatan itu akan memupuk dan menjaga pola pikir siswa di tengah masa pandemi. Dengan menjaga materi pembelajaran dalam benak ingatan. Serta tidak menghalangi kreatifitas meski dalam kondisi seperti ini. Oleh karena itu, lomba MGMP IPS diselenggarakan secara online.

Adapun pelaksanaan lomba MGMP IPS daring itu, akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020 mendatang. Saat ini masih dalam proses pematangan konsep yang akan diusung, maupun apa saja yang diperlukan guna menunjang kelancaran kegiatan tersebut.

Pihaknya tidak menjelaskan detail terkait jenis lomba. Hanya saja masih dalam proses pembahasan teknis nantinya. “Lomba IPS daring baru kita bicarakan teknisnya. Lomba ini ditujukan kepada siswa IPS di Pati,” jelasnya.

Rencana lomba khusus pada Mata Pelajaran (Mapel) IPS. Karena sifat lombanya secara daring, maka juga disiapkan aplikasinya. Pihaknya menjelaskan ada dua aplikasi yang bakal dipakai dalam lomba. “Nanti pelaksanaan kegiatannya daring memakai google form dan Zoom meeting,” tandasnya.

Lantaran beberapa bulan ini, tidak terkecuali Kabupaten Pati terdapat wabah pandemi, maka proses pembelajaran maupun banyak kegiatan lainnya terdampak. Misalnya, KBM yang semula secara tatap muka, kemudian berubah dengan pembelajaran Jarak jauh. Selain itu, kegiatan lomba juga mengikuti pada mekanisme secara online atau daring.