Ketua Komisi A : Momen Hari Santri Sebagai Pengingat Pentingnya Persatuan

0
22
Ilustrasi : Sekelompok santri yang sedang bercengkerama.
Ilustrasi : Sekelompok santri yang sedang bercengkerama.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati, Bambang Susilo menyebut bahwa momen Hari Santri Nasional seharusnya dijadikan sebagai pengingat akan pentingnya persatuan. Terlebih pada masa pandemi serta tensi dan gejolak yang terjadi dimana-mana.

Menurutnya jika ditarik pada sejarah, penetapan Hari Santri Nasional berawal dari seruan yang dibacakan oleh pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945.

Komisi A DPRD Pati, Bambang Susilo.
Ketua Komisi A DPRD Pati, Bambang Susilo.

Seruan tersebut berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca Proklamasi kemerdekaan.

“Sekarang kan kita sudah tidak berperang melawan penjajah maupun sekutu, seharusnya dalam kondisi seperti ini kita mampu memaknai Hari Santri Nasional sebagai momentum memperkuat persatuan, terlebih dalam kondisi pandemi dan tensi politik dengan gejolak yang terjadi dimana-mana,” tuturnya kepada Samin News, Kamis (22/10/2020).

Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa dalam masa pandemi seperti ini, memang perlu adanya momentum untuk kembali mengingat pentingnya persatuan dalam mengatasi kondisi krisis seperti sekarang,” pungkasnya. (ADV)