Disoal Dewan Pati Terkait Sistem Rujukan RSUD, Bupati : Akan Kami Optimalkan

0
10
Bangunan IGD RSUD Soewondo Pati tampak dari depan.
Bangunan IGD RSUD Soewondo Pati tampak dari depan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Belum lama ini, Fraksi Demokrat DPRD Pati sempat menyebut bahwa sistem rujukan dari Puskesmas ke RSUD baik RSUD Soewondo maupun RSUD Kayen masih belum optimal.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu Anggota Fraksi Demokrat DPRD Pati, Aris Sukrisno saat mengikuti Rapat Paripurna di gedung dewan beberapa waktu yang lalu.

“Selama ini, kami seringkali mendapat keluhan mengenai lambatnya sistem rujukan yang mengakibatkan terlambatnya penanganan pasien, bahkan bisa dikatakan banyak pasien yang terlantar,” tuturnya

Bahkan menurutnya, lamanya proses juga mengakibatkan banyaknya pasien yang memilih untuk pindah ke RS swasta bahkan ke RS dari Kabupaten lain.

Manggapi pernyataan tersebut, Bupati Pati Haryanto mengatakan akan melakukan optimalisasi dalam sistem rujukan yang ada di seluruh rumah sakit yang di bawah pemerintah daerah.

“Kami akan melakukan optimalisasi sistem rujukan terintegrasi (Sisrute) di puskesmas, di RSUD Kayen dan RSUD RAA Soewondo Pati,” tuturnya.

Haryanto juga menyebut bahwa optimalisasi tersebut nantinya juga akan berlaku baik sumber daya manusia maupun sistem rujukannya. Hal tersebut demi memaksimalkan dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat Pati. (ADV)