Dewan Pati : DTKS Harus Benar-benar Valid

SAMIN-NEWS.com, PATI – Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk Program Perlindungan Sosial adalah sistem data elektronik yang memuat informasi sosial, ekonomi, dan demografi dari sekitar 99 juta individu dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia.

Oleh sebab itu, keberadaan DTKS sudah seharusnya mampu menjadi database yang validasinya tidak bisa dipertanyakan lagi. Sudah seyogyanya data DTKS bisa menjadi rujukan dalam penyaluran Bansos di masing-masing daerah.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Pati yang diwakilkan oleh Haryono pun turut menyoroti keberadaan DTKS tersebut.

“DTKS yang merupakan rumah besar untuk bantuan pemerintah dalam hal perlindungan sosial harus benar-benar valid,” tuturnya saat menyampaikan pandangan fraksi dalam Rapat Paripurna beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut ia berharap penuh pada peran Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) untuk mengecek validasi data warga di lapangan.

“Jangan sampai ada yang belum valid datanya, karena hal tersebut nantinya akan berimbas pada tumpang tindihnya bantuan sosial,” pungkasnya. (ADV)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Ilustrasi : Pembelajaran daring yang dilaksanakan dalam masa pandemi. Previous post Dewan Pati Desak Adakan Pendalaman Materi Bagi Siswa
Ilustrasi : suasana Pati di malam hari. Next post Gerakan Wajib Masker Diperpanjang, Fraksi NasDem : Perlu Adanya Dukungan Masyarakat
Social profiles