Semalam Cukup dengan Satu Pemakaman Standar Protokol Covid-19

0
128
Situasi pemakaman jenazah seorang laki-laki di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Tluwah, Kecamatan Juwana.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Siapa pun sedikit merasa lega, lebih-lebih bagi warga Pati karena pada Minggu (13/9) malam (semalam-Red) hanya ada satu jenazah yang dimakamkan dengan standar protokol Covid-19. Pemakaman jenazah almarhum oleh Tim Pemakaman dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Tluwah pada pukul 21.50 WIB.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan SAMIN-NEWS (SN), sejak berakhirnya pemakaman dengan standar sama di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, Pati, pukul 13.30 sampai sore hari memang tidak terbetik berita bahwa tim pemakaman harus bergerak ke tempat tugas. Apakagi, menjelang atau sesudah shalat maghrib turun hujan merata , dan juga terhitung cukup deras hingga menjelang pukul 21.00.

Akan tetapi, sekitar pukul 19.30 Tim Pemakaman dari BPBD mendapat infornasi bahwa ada satu pasien dari Juwana, atau tepatnya dari Desa Karangrejo, Kecamatan Juwana masuk ke Rumah Sakit Umum (RSU) RAA Soewondo Pati. Hal tersebut berlangsung sekitar pukul 16.00, dan beberapa saat kemudian pasien itu pun  meninggal di RS setempat.

Ketika hal tersebut ditanyakan kepada Ketua Tim Pemakaman Standar Protokol Covid-19 dari BPBD Kabupaten Pati, Khayun Fulanun SH, yang bersangkutan tidak banyak memberikan keterangan berkait pasien yang meninggal di RSU RAA Soewondo Pati. Hanya pada malam harinya, tim mendapat perintah untuk melakukan tugas pemakaman di Juwana.

Setelah bergerak menuju lokasi, maka jenazah laki-laki tersebut dimakamkan dengan standar Protokol Covid-19 di TPU Desa Tluwah, Kecamatan Juwana. ”Begitu pemakaman selesai hampir pukul 22.00 tim pun kembali ke Pati, dan sampai Senin (13/9) pagi hari ini, kami belum menerima perintah untuk berangkat melaksanakan tugas lagi,”ujarnya.

Terlepas dari hal tersebut, dalam pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 semalam, ada sesuatu yang muncul tidak seperti saat pemakaman di hari-hari sebelumnya. Malam itu tim memakai alat pelindung diri (APD), khususnya baju dan celana warna putih tidak seperti APBD yang dipakai sebelumnya, yaitu baju dan celana warna biru.