Penyaluran BST Tahap 4 dan 5 Selesai Disalurkan PT Pos Pati

0
74
Kantor Pos Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bantuan Sosial Tunai (BST) oleh Kementerian Sosial tahap 4 sekaligus tahap 5 yang dicairkan melalui kantor pos saat ini telah disalurkan. Adapun BST itu jadwalnya telah disalurkan mulai tanggal 21 Agustus sampai dengan tanggal 30 Agustus. Dengan demikian, untuk saat ini sudah berakhir masa penyalurannya.

Akan tetapi, menurut Kepala Penyaluran BST Kantor Pos Pati Adhi Kuspramono berdasarkan data resmi yang dikeluarkan menyebutkan masih terdapat beberapa orang yang belum mengambil bantuan sosial tersebut. Jumlah BST yang belum diambil ini tidak banyak, hanya beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Secara keseluruhan KPM sudah mengambil, mulai tenggang waktu 21 s/d 30 Agustus kemarin. Kita hanya beberapa yang belum mengambil. Dan itupun jumlahnya hanya kecil,” papar Adi saat dikonfirmasi Saminnews, Senin (7/9/2020).

Data resmi penyaluran BSNT Pati.

Kantor Pos Pati menyalurkan program BST tahap 4 & 5 di dua Kabupaten, yaitu Pati serta Rembang. Dari kedua kabupaten itu untuk tahap 4 sebanyak 60.204 KPM. serta tahap 5 dengan jumlah KPM yang sama. Karena tahap 4 dan 5 ini dibarengkan, maka jumlah data alokasi serta realisasi KPM masing-masing sama.

“Dari alokasi tahap 4 yang mengambil KPM atau realisasinya sebesar 59.956. Begitupun dengan tahapan kelima realisasinya juga sama,” lanjutnya berdasarkan data yang dimiliki Kantor Pos Pati.

Menurut data yang dipaparkan, pihaknya menyebut jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak menerimanya di Kabupaten Pati sejumlah 27.944 KPM. Pembagiannya disalurkan pada lokasi yang berbeda pada tiap-tiap desa maupun Kecamatan. Ada yang di kantor pos setempat, dan ada juga di Balaidesa masing-masing.

Penyaluran BST (Bantuan Sosial Tunai) ditujukan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok selama pandemi.  Bantuan ini sebagai Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk mengurangi beban ekonomi akibat dampak pandemi yang masih berlangsung.