Kaitannya Survey Penduduk, Data Statistik Adalah Milik Semua Pihak

0
33
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten, Pati Anang Sarwoto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bertepatan dengan Hari Statistik Nasional (HAN) yang jatuh pada hari Sabtu (26/9) hari ini, mengusung tema “Data Berkualitas Untuk Indonesia Maju”. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati menyampaikan kaitannya dengan hajat nasional survei penduduk merupakan milik bersama, bukan hanya BPS maupun pemerintah.

“Kegiatan sensus penduduk bukan hanya milik BPS, tetapi milik kita bersama, karena hasil-hasil dari sensus penduduk adalah untuk perencanaan pembangunan terutama di bidang sumber daya manusia,” papar Kepala BPS Pati Anang Sarwoto saat dikonfirmasi Saminnews, Sabtu (26/9/2020).

Demikian juga Hari Statistik Nasional, bukan hanya milik pegawai BPS tetapi juga milik semua masyarakat. Dengan data, masyarakat akan semakin cerdas dalam merencanakan segala sesuatu yang diagendakannya.

Kebijakan pemerintah bersama BPS menjalankan Survei Penduduk Online telah dilakukan pertengahan bulan Februari lalu, disamping itu untuk melengkapi data penduduk yang belum mengisi survey dilakukan oleh petugas secara manual dengan door to door, awal bulan September ini. Dan hasilnya saat ini sudah seratus persen.

“Kelanjutan Sensus Penduduk September ini, pendataan lapangan sudah selesai 100%. Saat ini masih dalam proses rekapitulasi, pengolahan yang nantinya akan dirilis hasilnya secara resmi,” imbuhnya.

BPS Kabupaten Pati, kata Anang mengerahkan 1.045 petugas dan 81 Kordinator yang bekerja luar biasa, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga Hajat besar Nasional tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta kesehatan yang paling utama tetap terjaga.

Dalam kesempatan sama, pihaknya berterimakasih kepada semua jajaran pemerintahan daerah dalam mendukung semua kegiatan perstatistikan nasional khususnya kegiatan yang dilakukan oleh BPS Kabupaten Pati.

“Juga kepada rekan-rekan media dan masyarakat yang secara langsung atau tidak langsung menyebarluaskan agenda nasional dalam perstatistikan, khususnya Sensus Penduduk,” tandas Anang.