Dari Pagi Hingga Siang Belum Ada Pemakaman Jenazah Standar Protokol Covid-19

0
30
Beginilah para anggota Tim Pemakaman Jenazah Standar Protokol Covid-19 dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, setelah turun dari kendaraan menuju ke tempat pemakaman umum (TPU) desa tujuan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Selesai melakukan pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 oleh Tim Pemakaman dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Rabu (16/9) malam (semalam) sampai Kamis (17/9) pagi hingga siang ini belum ada lagi jenazah lain yang harus dimakamkan dengan protokol tersebut. Akan tetapi, jika mengikuti kebiasaan maka tim pemakaman akan kembali mendapat tugas lagi pada malam harinya.

Seperti, Rabu (16/9) kemarin, misalnya, dari pantauan dan keterangan yang dihimpun ”Samin News” (SN), tim pemakaman hanya melakukan sekali pemakaman pada pagi hari untuk jenazah seorang almarhumah, warga Desa Jatiroto, Kecamatan Kayen. Sebelumnya almarhumah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayen, dan sejak selesai pemakamannya hingga siang hari tidak ada tugas lagi untuk melaksanakan pemakaman jenazah lainnya.

Akan tetapi, saat hendak minta konfirmasi pemakaman jenazah seorang perempuan yang meninggal semalam juga sebelumnya dirawat di RSUD yang sama, Ketua Pelaksana (Kalak) yang juga Kepala BPBD Kabupaten Pati, Martinus Budi Prassetya, ternyata tidak ada di tempat. Akan tetapi, berdasarkan keterangan yang dihimpun menyebutkan, perempuan yang ternyata warga Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo meninggal semalam.

Ketika tim pemakaman jenazah dari BPBD selesai melakukan pemakaman almarhum warga Desa Plangitan, Kecamatan Kota Pati yang meninggal di Rumah Sakit (RS) Keluarga Sehat Hospital (KSH) sehabis adzan shalat isya’, sebagian tim memang tidak langsung pulang ke rumah masing-masing. Dengan demikian, sebagian masih ada yang berada di markas komando, di BPBD Kabupaten Pati, di jalan raya Pati-Kudus KM 3.

Karena itu, sekitar pukul 21.00 harus berangkat lagi ke tempat tugas, yaitu di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo, Pati, tinggal menambah personel untuk menggantikan mereka yang terlanjut pulang. Dengan demikian, malam itu mereka berangkat menuju ke lokasi TPU sesuai perintah.

Untuk pemakaman tersebut karena masih menunggu diantar ambulans dari RSU yang bersangkutan, maka pemakaman baru berakhir sekitar pukul 23.30. ”Jika tidak salah, setelah selesai pemakaman tadi malam langsung turun hujan,”kata salah seorang anggota tim yang minta tidak perlu disebutkan identitasnya.