BPS Luncurkan Aplikasi Dasi Bupati

0
27
Aplikasi Dasi Bupati yang diluncurkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati meluncurkan aplikasi Dasi Bupati pada Sabtu (12/9/2020) yang lalu. Aplikasi tersebut dirancang oleh pemerintah yang dalam hal ini adalah BPS untuk memfasilitasi masyarakat dalam bentuk statistik atau angka.

Kepala BPS Pati Anang Sarwoto mengatakan aplikasi Dasi Bupati untuk masyarakat yang hendak mencari berbagai data, bisa mengakses melalui aplikasi tersebut. Serta saat ini sudah tersedia di layanan android, jadi masyarakat bisa mendownload di ponsel milik pribadi masing-masing melalui playstore.

“Ada aplikasi Dasi Bupati di play store mas, untuk mempermudah mencari data. Masyarakat bisa mendownload sendiri. Dan mencari tahu berbagai data yang disediakan oleh pemerintah,” ucapnya kepada Saminnews, Selasa (22/9/2020).

Dalam aplikasi Dasi Bupati itu, sekiranya disediakan berbagai sub-menu. Masing-masing adalah Geografi Kabupaten Pati, Pemerintahan, Pendidikan dan Ketenagakerjaan. Masing-masing menu itu di dalamnya menyajikan angka dengan menyesuaikan fungsi menu terkait.

Tangkapan layar aplikasi Dasi Bupati yang diluncurkan oleh BPS Pati.

Selain itu, juga terdapat menu Sosial, Pertanian, Industri Air dan Listrik, Hotel dan Pariwisata, serta Keuangan. Adapun kesemua sub-menu terkait tercover pada menu Home. Ada juga menu Metadata serta BPS Pati.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak bagi masyarakat untuk mendownload sendiri aplikasi tersebut. Sehingga data yang disediakan berkaitan dengan pengetahuan Kabupaten Pati bisa diketahui. “Download saja mas di play store, lumayan banyak data-data disitu (yang disediakan),” tandas Anang Sarwoto.