Anggota Dewan Pati Sarankan Perbanyak TPS di Ruang Publik

0
62
Anggota Komisi C DPRD Pati dari fraksi Partai PPP, Suwito.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Persoalan sampah masih menjadi permasalahan serius yang nyata untuk ditertibkan. Hal ini merupakan masih minimnya kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungan. Padahal, lingkungan tanpa sampah yang merasakan manfaatnya bukan hanya satu orang, melainkan semuanya.

Dengan kondisi seperti itu, maka tidak heran kalau anggota Komisi C DPRD Pati dari fraksi Partai PPP, Suwito menyayangkan kondisi persoalan sampah yang belum usai. Oleh sebab itu, perlu upaya penanganan maksimal dengan melakukan edukasi tanpa mengenal lelah.

“Dengan sosialisasi terus menerus terkait menjaga kebersihan, bebas dari sampah. Dan apabila diperlukan juga harus disertai diberikan sanksi yang tegas,” beber Suwito saat dikonfirmasi Saminnews, Jumat (11/9/2020).

Sebab, keberadaan sampah bukan hanya sampah plastik, juga melainkan jenis domestik (rumah tangga, red). Hal ini perlu dilakukan sebagai salah satu antisipasi pencegahan timbulnya kuman yang mengakibatkan suatu penyakit. Disamping itu juga agar lingkungan terlihat bersih.

Berkaitan dengan persoalan sampah liar, ada dua sisi yang Ia sampaikan. Yang pertama adalah dari kesadaran individu masing-masing beserta ketegasan sanksi. Dan kedua adalah dengan memperbanyak menyediakan fasilitas tempat sampah.

“Selain itu, untuk di ruang publik perlu diperbanyak Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di tempat-tempat umum. Itu bisa setidaknya meminimalisir sampah liar,” tandas Suwito.

Adapun TPS gunanya sebagai tempat sebelum sampah diangkut ke tempat pendaur ulang, pengelolaan, atau tempat pengelolaan sampah terpadu. (ADV)