Saka Milenial, Gerakan Pramuka untuk Peningkatan Literasi Digital

0
101
Kanan, ketua Saka ; Kristina Inti Retnoningrum dan kiri Indriyanto ketua Majlis Pembimbing satuan karya (Mabisaka)

SAMIN-NEWS.COM, PATI – Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Informasi Digital atau disingkat dengan nama Saka Milenial adalah satuan karya pramuka yang dibentuk bagi anggota muda gerakan pramuka yang meminati pengetahuan. Dalam meningkatkan literasi digital dan teknologi informasi-komunikasi (TIK).

Surat Kepala Dinas komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati Nomor 800/217/2020 tanggal 21 Februari 2020 tetang Permohonan Penerbitan Surat Keputusan Kepenggurusan Saka Milenial, Arahan Pimpinan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Pati.

Berdasarkan hal tersebut, Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Pati (Kakwarcab) Sugiyono mengeluarkan Surat Keputusan serta mengesahkan Kepengurusan Satuan Karya Milenial Kwartir Cabang Pati Masa Bakti 2020-2023 dalam Surat Keputusan ini.

Indriyanto ketua Majlis Pembimbing satuan karya (Mabisaka)

“Ada 5 (lima) Satuan Karya Milenial, yaitu Krida Literasi Digital dan Internet (Lidinet), kedua Krida Kreasi Animasi dan Multimedia (Kranimedia), ketiga Krida Inovasi Perangkat Lunak (Ikat), keempat Krida Telementri dan Robotika (Teletika), serta terakhir Krida Pengembangan Teknologi Jaringan dan Big Data (Jakormdata),” katanya berdasarkan isi SK tersebut, Senin (3/8/2020).

Pengurus Satuan Karya Milenial Kwartir Cabang Pati segera menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab serta membuat laporan kepada jajaran diatasnya.

Sementara itu, ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya, Indriyanto mengungkapkan berbagai fungsi. Bahwa Saka Milenial punya peran tersendiri dalam membangun keterampilan pengetahuan literasi khususnya berbasis digital.

ketua Saka ; Kristina Inti Retnoningrum

“Saka Milenial berfungsi sebagai wadah pengendalian dan pembinaan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan di bidang literasi digital serta teknologi informasi dan komunikasi. Sarana untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif,” kata Indriyanto sekaligus Kepala Dinas komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati.

Selain itu, juga sebagai sarana untuk melaksanakan bakti kepada masyarakat, bangsa dan Negara. Dalam rangka untuk mencapai tujuan pendidikan dan pembinaan Gerakan Pramuka, tandas Indriyanto.