Pembangunan Kolam Tambat Kapal Tinggal Penyelesaian Akses Jalan

0
29
Pelaksanaan pekerjaan pembangunan akses jalan di kawasan lingkungan kolam tambat kapal Juwana

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk progres pelaksanaan pekerjaan pembangunan kolam tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Juwana, sampai hari ini seluruhnya sudah mencapai 85 persen. Dengan demikian, masih ada tahapan pekerjaan yang harus dituntaskan sampai berakhirnya haru kalender Sepetember mendatang sebesar 15 persen.

Pekerjaan dimaksud tak lain, pembangunan akses ruas jalan di kawasan lingkungan kolam tambat kapal tersebut yang sampai Rabu (26/8) hari ini memasuki tahapan pelapisan beskos dengan ketebalan 30 cm pada sisi timur. Jika hal tersebut sudah tuntas sepanjang 450 meter dan lebar 7,5 meter akan disusul akses ruas jalan yang sisi barat dengan volume yang sama, atau dikerjakan secara bersamaan juga lebih baik.

Site Manajer rekanan penyedia jasa Kerja Sama Operasional (KSO) PT Aneka Tata Sarana Pati, Amin ketika ditanya berkait hal itu membenarkan, bahwa untuk akses jalan itu nantinya akan terdiri dari dua jalur empat lajur. ”Untuk dua jalur tersebut dipisahkan dengan medan jalan, lebar satu meter dan lebar bahu jalan, masing-masing satu satu setengah meter,”ujarmya.

Penyiapan material jenis beskos untuk perekerasan dan pemadatan akses ruas jalan di kawasan kolam tambat kapal.

Dengan sisa pekerjaan sebesar itu, lanjut Amin, maka jika nanti pemadatan beskos sudah selesai juga pembuatan median jalan, maka segera menyusul pemasangan lampu penerangan sepanjang 9 titik. Meterial untuk keperluan tersebut juga sudah disiapkan, sehingga saat nanti pemasangan lantai kerja untuk tahapan pekerjaan rigid beton akses ruas jalan itu, maka tiang-tiang lampu penerangan juga siap berdiri.

Hal tersebut mengingat konstruksi lapis terakhir akses ruas jalan itu adalah dengan perkuatan beton rigid, tapi tidak sepanjang masing-masing 450 meter, melainkan hanya 250 meter. Sehingga untuk dua jalur tersebut yang diperkuat dengan konstruksi itu, panjang seluruhnya adalah 500 meter, dan sisanya yang 400 meter dengan pemadatan beskos biasa.

Sedangkan konstruksi beton rigid itu, maka tahapan pekerjaan secara keseluruhan segera berakhir, yaitu sekitar awal pekan September mendatang. ”Uji laboratorium material untuk tingkat kepadatan dan kualitas material sudah dilaksanakan oleh pihak yang berkompeten, dan hasilnya semua cukup bagus karena bisa maksimal, yaitu 100 persen,”imbuh Amin.