50 Desa Ikuti Bimtek Profil Desa dan Kelurahan di Pati

0
40

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) profil desa dan kelurahan tingkat kabupaten tahun 2020. Sebanyak 50 peserta mengikuti kegiatan tersebut berlangsung yang berlangsung di Hotel Pati di Jl. Jenderal Sudirman No.60, Plangitan, Kecamatan Pati, Selasa (25/8) hari kemarin.

Dalam kegiatan Bimtek tersebut, Kepala Dispermades Sudiyono menegaskan tersusunnya data Profil Desa dan kelurahan (Prodeskel) untuk segera diaplikasikan pada desa maupun kelurahan. Data ini nantinya bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Lantaran berisi terkait beberapa informasi yang bisa dikembangkan.

“Data Prodeskel meliputi diantaranya data dasar keluarga, data potensi desa dan kelurahan, serta data perkembangannya secara valid dan update atau terkini. Mekanisme pendayagunaan melalui proses pendataan tahap entri serta kirim data online,” ucapnya kepada Saminnews.

Penggunaan data prodeskel ini, katanya diharapkan menjadi media komunikasi antara pemerintah pusat dan daerah, alat pemantau terkait tingkat pengembangan, maupun menjadi sarana pendukung kajian akademis persoalan sosial-ekonomi. Sebagai sumber data bagi lembaga atau instansi yang hendak merencanakan program jangka pendek sampai dengan jangka panjang yang berbasis pada data yang dimiliki oleh masing-masing desa dan kelurahan.

Adapun tujuannya sendiri, yang pasti akan banyak punya nilai kebermanfaatan. Sebab, data tersebut terintegrasi secara nasional untuk kepentingan pembangunan strategis yang berkelanjutan. “untuk visi prodeskel menjadi pusat data di Indonesia yang terintegrasi dan berkelanjutan,” tambahnya.

“Penggunanya diregistrasi mulai dari tingkat bawah yakni pada desa dan atau kelurahan sampai dengan tingkat nasional. Jadi, semacam sarana basis data yang akurat dalam keperluan pembangunan,” tandasnya.