Hasil Swab Test Kedua Camat, Lima Negatif 1 Positif

0
781
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati Edy Siswanto

SAMIN-NEWS.COM, PATI – Pemeriksaan swab test kesehatan bagi keenam camat di Kabupaten Pati hasilnya telah keluar. Swab test kali ini merupakan swab test kedua, setelah kali pertama keenam camat tersebut dinyatakan positif terpapar virus Corona desease (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati Edy Siswanto menyebutkan swab test hasilnya telah keluar. Lebih tepatnya yaitu pada hari Selasa (28/7) pekan kemarin.

“iya mereka (keenam camat) melakukan swab test kedua kalinya. Untuk yang pertama itu dinyatakan positif. Namun demikian, untuk yang ini (kedua) hasilnya keluar Selasa kemarin itu 5  negatif dan satu positif,” katanya saat dikonfirmasi Saminnews, Senin (3/8/2020).

keenam camat tersebut sebelumnya mengikuti test swab massal di lingkungan Pemkab Pati pada Sabtu (25/7) pekan lalu. Mereka tercatat bertugas di wilayah Kecamatan Juwana, Jaken, Tlogowungu, Pucakwangi, Sukolilo dan Margoyoso.

Usai dinyatakan positif COVID-19, sejumlah camat tersebut pun langsung dikarantina. Selama hasil swab lanjutan belum negatif, para camat tersebut akan tetap dikarantina. Sesuai dengan yang telah dipersiapkan oleh pemerintah setempat Hotel Kencana sebagai tempat isolasi.

Akan tetapi, telah jelas bahwa yang bersangkutan itu (enam camat) usai dinyatakan negatif. Maka, selanjutnya mereka tidak perlu repot-repot melakukan perawatan di rumah sakit. Hal itu lantaran kondisi badan sehat dari infeksi virus corona.

Pihaknya menuturkan, hasil lab swab test kedua kalinya itu dilakukan di Salatiga. Beda dengan yang kali pertama yaitu ada dua tempat. Yang pertama di RS Wongsonegoro Semarang serta di Balai Laboratorium Kesehatan (Balapkes) Provinsi Jawa Tengah.

“kita ajukan ke Provinsi, mereka yang mendistribusikan atau merekomendasikan. Untuk swab pertama yang kurang lebih 100 peserta di Wongsonegoro dan Balapkes Provinsi. Tapi swab kedua di Salatiga yang juga sudah berstandar nasional,” imbuhnya.

Informasi hasil swab test kedua dinyatakan negatif ini, sebelumnya pembaca Saminnews pernah melontarkan statement menarik. Yaitu enam camat dinyatakan positif. Namun, untuk test kelanjutannya pasti akan negatif. Terlepas statementnya itu, bahwa prediksi tersebut kini bisa kita ketahui bersama. Yang nyatanya memang pembaca Saminnews itu telah memberikan opsi optimis.