Belum Banyak Bakul Ikan dari Daerah Lain Berani Lelang di TPI Unit I Juwana

0
70
Suasana lelang ikan hasil tangkapan kapal pancingan di TPI Unit I Juwana.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tahap demi tahap pembenahan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit I Juwana terus dilakukan agar mampu memberikan daya tarik, utamanya para bakul daru daerah lain untuk ikut bersaing dalam melakukan pembelian ikan melalui lelang di TPI setempat. Karena itu, meskipun dalam kurun waktu satu bulan terakhir pelaksanaan lelang sudah mulai lancar tapi masih harus lebih dimaksimalkan.

Karena itu, kata salah seorang petugas di TPI setempat, Suratman atas nama Kepala TPI yang bersangkutan Budi Suprapto mengatakan, dengan mulai ditambahkannya fasilitas berupa penambahan lantai lelang ikan, mudah-mudahan bisa memberikan daya tarik tersendiri. Masalahnya, selama ini pelaksnaan lelang di TPI tetrsebut belum banyak diikuti oleh bakul ikan dengan melakukan dalam penawaran lelang secara bersaing.

Dengan demikian, lelang ikan yang serba dalam keterbatasan inilah yang masih harus dicarikan jalan pemecahannya sehingga dalam kesempatan mendatang, kapal-kapal pancing juga banyak yang merapat di dermaga TPI Unit I untuk melelangkan ikan hasil tangkapannya. ”Kami optimistis, hal itu akan terjadi jika penambahan lantai lelang yang kini tengah dikerjakan dalam waktu secepatnya benar-benar sudah siap,”ujarnya.

Bakul ikan yang mengikuti lelang di TPI Unit I Juwana masih terbatas.

Apalagi, lanjut Suratman, dalam  waktu tidak terlalu lama juga musim ramainya hasil penangkapan ikan, sehingga kapal-kapal pancing juga pasti akan mengalami hal tersebut. Bertambahnya lantai lelang, maka kapal pancing penangkap ikan yang sandar di dermaga untuk melelangkan ikan hasil tangkapannya juga akan semakin bertambah, karena terbuka peluang untuk terjualnya ikan hasil tangkapannya.

Selama ini, kapal pancing ini paling banyak  membongkar ikan hasil tangkapannya hanya empat buah, tapi nanti diharapkan bisa meningkat lagi sampai 100 persen menjadi delapan buah sehingga hal itu menunjukkan terjadinya peningkatan yang cukup siginifikan. Jika hal tersebut juga diikuti dengan meningkatnya jumlah bakul yang mengikuti lelang, tentu bisa menambah pendapatan daerah dari retribusi lelang.

Lebih bisa meningkat lagi pendapatan tersebut jika pedagang dari daerah lain juga sudah mulai berani masuk, tapi pembayarannya juga harus dipertimbangkan pula dengan kondisi keuangan mereka. ”Padahal untuk bisa menjadi peserta lelang ikan itu gratis, asal yang penting sebelum lelang bakul yang bersangkutan harus lebih dahulu deposit uang di kasir TPI,”tandasnya.