Hari Ini Pemasangan Sheet Pile Kolam Tambat Kapal Tuntas

0
65
Pemasangan seluruh sheet pile untuk dinding kolam tambat kapal yang dimulai April lalu hari ini sudah tuntas.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati diprediksi pemasangan seluruh sheet pile untuk dinding kolam tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Juwana akan tuntas dalam pekan ini, ternyata Senin (10/8) hari ini dipastikian sudah berakhir. Sebab, pada tengah hari sebelum jam istirahat sisa material buatan pabrik itu tinggal 11 batang.

Dengan demikian, sisa waktu untuk menyelesaikan pemasangannya selesai jam istirahat hingga berakhirnya jam kerja sore nanti semuanya sudah tuntas. Karena itu, pelaksanaan pekerjaan konstruksi itu tinggal pemasangan pengikat bagian ujung sheet pile dengan menggunakan material beton lengkap dengan besi tulangannya.

Hal tersebut dibenarkan Site Manajer rekanan PT Aneka Tata Sarana (KSO) Pati, Amin, sehingga, lanjutnya, tahap-tahap akhir sisa pelaksanaan pekerjaan yang masih berlanjut, adalah pemadatan dan perataan urukan pelataran dalam lingkungan kawasan kolam tambat kapal.”Hal tersebut sudah kami mulai dari ujung sisi selatan untuk bergerak ke utara sampai batas lokasi pelataran yang berdekatan dengan alur kali kecil di sebelahnya,”ujarnya.

Tahapan pelaksanaan pekerjaan pembuatan akses jalan di lingkungan kolam tambat kapal.

Untuk tahapan pekerjaan lain yang ditargetkan tuntas dalam pekan ini, lanjut Amin, adalah pembuatan akses jalan dalam lingkungan kolam tambat kapal  sebanyak dua lajur masing-masing sepanjang 450 meter yang sampai saat ini baru pemadatan dengan material pasir dan batu (sirtu). Jika pekan ini untuk tahapan pekerjaan tersebut tuntas, maka akan segera disusul dengan pelapisan beskos.

Saat pelaksanaan pemadatan sirtu, pihaknya juga diuntungkan dengan turunnya hujan pada Sabtu (8/8) malam yang lumayan deras, sehingga penyiraman menggunakan tanki air tidak perlu dilakukan. Sebab, guyuran hujan deras tentu membuat material tersebut saat digilas dengan alat berat sudah saling mengikat, sehingga pemadatannya bisa lebih dimaksimalkan lagi hari ini.

Selesai tahapan pemadatan materi ini, tentu akan dilanjutkan dengan menempatkan material beskos sebanyak satu leyer dengan ketebalan 30 cm meter. ”Selesaiu ini kami akan mengakses penempatan median jalan panjang 450 dan lebar 1,5 meter yang diatasnya sudah siap ditempatkan lampu penerangan untuk 9 titik, dan tiangnya juga sudah tersedia di lokasi,”paparnya.