Beberapa Santri di Kajen Telah Dinyatakan Negatif Covid-19

0
32

SAMIN-NEWS.com, PATI – Beberapa santri di Kajen, Kecamatan Margoyoso, Pati disebutkan hingga kini telah ada sedikitnya 4 (empat) orang telah sembuh dari paparan infeksi virus corona. Sebelumnya, termasuk empat santri Kajen itu diketahui terjangkit Covid-19. Sehingga, dilakukan perawatan, baik swab test maupun isolasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang pengasuh Ponpes di Kajen yang tidak bisa disebutkan namanya. Bahwa dari sejumlah santri yang sebelumnya dinyatakan positif swab test, namun untuk diketahui dari mereka dinyatakan telah sembuh atau negatif.

“Hasil swab test santri Kajen sudah keluar. Dan Alhamdulillah kini dari sekian yang positif sudah sembuh 4 (empat),” kata dia saat dikonfirmasi Saminnews, Selasa (11/8/2020).

Pihaknya mengungkapkan keempat santri tersebut merupakan bagian dari yang sebelumnya secara swab test oleh pihak kesehatan diterangkan positif. Dengan demikian, untuk selanjutnya dilakukan tindakan khusus, yakni dengan perawatan secara protokol kesehatan yang berlaku.

Dengan kata lain, dilakukan isolasi atau karantina di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah Kabupaten setempat. “Empat santri dinyatakan sembuh itu yang jelas dari total keseluruhan santri positif. Jika sebelumnya dikarantina di Hotel Kencana, kemudian dipersilahkan untuk balik meninggalkan Hotel terkait,” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi terkait kemana keempat santri itu pulang, apakah balik ke pondok asal atau rumahnya masing-masing. Pihaknya menuturkan lebih lanjut bahwa mereka dipastikan balik ke rumah masing-masing. Santri tidak balik ke pondok pesantren di Kajen tersebut dalam beberapa waktu.

Meski demikian, suasana pondok pesantren di Kajen dalam keadaan yang kondusif. Pasalnya, beberapa santri itu berasal dari lingkungan pesantren yang sama. Dan pesantren lainnya dengan membatasi akses keluar-masuk. Hanya kepentingan tertentu yang diperbolehkan.