Aksi Gerakan Pungut Sampah Sisir Alun-alun Kayen

0
34

SAMIN-NEWS.com, PATI – AkDalam rangka mewujudkan lingkungan Kabupaten Pati yang bersih dari sampah, dari jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama beberapa pihak kembali melakukan gerakan pungut sampah. Hal itu dalam rangka memperingati HUT RI ke-75. Dengan mengusung tema ‘Kabupaten Pati Merdeka dari Sampah’.

Teranyar, jajaran DLH melakukan pungut sampah di Alun-alun Kayen, Kecamatan setempat, Jumat (28/8). Dengan menggandeng jajaran pemerintah Muspika Kayen. Kebanyakan sampah terdiri dari seperti sampah plastik, rumput liar serta daun kering di sekitar alun-alun.

“Kita juga menggandeng Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II Pati. Sampah-sampah itu kebanyakan dari plastik, rumput liar di sekitar alun-alun juga daun kering,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Purwadi, Sabtu (29/8/2020).

Gerakan Pungut Sampah seperti namanya gerakan memungut sampah yang tercecer atau berserakan dengan tujuan mengajak warga setempat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Lebih-lebih sesuai dengan temanya merdeka dari sampah. Artinya lebih kurang mempunyai misi terciptanya lingkungan yang bersih.

Adapun kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat, yang ikut serta membantu membersihkan sampah. Entah sedang ada momentum gerakan pungut sampah atau tidak, yang jelas juga didukung oleh warga sekitar. Dan punya tantangan sampai kapan gerakan ini akan dilanjutkan dan seberapa minat mindset masyarakat menjaga lingkungan.

“Karena selanjutnya belum dikoordinasikan lagi akan dimana kegiatan serupa dilakukan. Tapi ada kemungkinan juga kita lakukan di objek wisata di Pati,” tandasnya.