Saluran Peresapan dan Pembuangan Lapangan Stadion Joyokusumo Dimaksimalkan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati progres hasil pelaksanaan pembuatan saluran, baik peresapan maupun pembuangan (drainase) lapangan Stadion Joyokusumo Pati ini relatif kecil, tapi terus dimaksimalkan. Tuntasnya pelaksanaan pekerjaan tersebut yang meliputi banyak titik, maka tahapan pekerjaan selanjutnya adalah mulai penempatan  material penutup berupa geotekstil untuk seluruh permukaan lapangan rumput.

Karena itu, saluran peresapan yang meliputi 23 titik melintang di lapangan rumput saat ini sudah selesai sebagian, karena lebar bentang lapangan tersebut dibagi dua masing-masing satu sisi untuk mengalirkan air dari tengah lapangan ke timur. Semua lubang utuk saluran peresepan ini sudah selesai digali secara manual oleh para pekerja.

Dengan demikian, kata salah salah seorang pelaksana lapangan dari rekanan penyedia jasa hasil kerja sama operasional (KSO) PT Hoetama Karya Mandiri Pati, Edy, pengalian lubang peresepan untuk mengalirkan air dari lapangan ke barat mulai dikerjakan. ”Paling tidak diharapkan pekan depan pembuatan sebagian lubang saluran peresapan  yang sisi barat untuk mengalirkan air ke barat juga sudah selesai,”ujarnya.

Sejumlah pekerja tengah menggali lubang saluran peresapan di tengah lapangan Stadion Joyokusumo.

Jika semua lubang saluran peresepan di 23 titik tersebut selesai, lanjut dia, maka penempatan lapisan geotekstil harus dilakukan kemudian diikuti dengan pemasangan pipa spiral saluran peresapan itu. Baru tahap berikutinya lubang dan pipa saluran peresapan tersebut ditutup dengan lapisan batu pecah ukuran 2/3 cm, 2/1 cm, dan 1.1 cm .

Sedangkan lapisan paling atas dari meterial tersebut adalah penempatan abu batu, baru tahapan pekerjaan berikutnya penempatan lembaran rumput sintesis yang sampai saat ini masih dalam proses diproduksi oleh pihak pabrik penerima order. Terlepas dari hal itu, palaksanaan pekerjaan yang juga saat ini tengah berlangsung bersamaan dengan pemasangan lubang saluran persepan adalah pekerjaan pembuatan saluran pembuangan (drainase).

Khusus pekerjaan yang harus membongkar lintasan atlet di keliling lapangan stadion tersebut jumlahnya ada enam titik. ”Yakni, masing-masing dua titik disi timur, dua titik lainnya di sisi barat, serta sisanya yang satu titik di sisi utara, dan satu di sisi selatan yang semuanya nanti akan mengalirkan air dari saluran peresapan ke saluran pembuang,”tambahnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Jelang Idul Adha, Sapi Milik BumDes Margotuhu Kidul Siap Dijual
Next post Kepala Puskesmas Margorejo Sebut Stunting terdapat Penyakit Penyerta
Social profiles