Saluran Keliling Lapangan Stadion Joyokusumo Mulai Dilakukan Pengecoran

    0
    56
    Sejumlah pekerja tengah merangkai kerangka besi untuk saluran U keliling lapangan Satadion Joyokusumo (atas) dan tumpukan pelapis geostekstil untuk lapangan rumput stadion tersebut (bawah).(Foto:SN/aed)

    SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati belum ada tahapan pelaksanaan paket pekerjaan yamng bisa menghasilkan persentase progres maksimal, tapi paling tidak sampai Senin (6/7) kemarin pembuatan saluran keliling lapangan Stadion Joyokusumo Pati mulai berjalan. Hal itu tepat pada 30 hari kalender, karena kontrak pelaksanaan pekerjaan tersebut dimulai 6/7 lalu sehingga diharapkan seluruh persiapan pekerjaan utama bisa maksmal.

    Maksudnya, jika sampai pelaksanaan pekerjaan penataan rumput sintesis buatan pabrik seluruh persiapannya sudah benar-benar maksimal. Sebab, untuk order pesenanan rumput pabrikan paling tidak dalam kurun waktu dua setengah bulan, atau selama 75 hari kalender nanti benar-benar sudah siap untuk dilakukan pemasangan.

    Sebab, kata pelaksana lapangan rekanan penyedia jasa untuk paket pekerjaan hasil kerja sama operadsional (KSO) PT Hoetama Karya Mandiri Pati, Imam S, sisa waktu hari kalender hingga pertengahan Desember mendatang akan dimanfaatkan secara makisimal untuk penetaaan secara keseluruhan. ”Yakni, mulai dari pelaksanaan penataan rumutb sintesis hingga akhir seluruh pekerjaan pertengahan Desember 2020 benar-benar sudah tuntas.

    Akan tetapi, lanjut dia, tuntasnya pekerjaan itu adalah terletak pada tahapan pemasangan rumput sintesis yang sudah pasti akan menyita waktu paling banyak. Kendati demikian, hari kalendernya tetap dipatok selama diua setengah bulan atau selama 75 hari, sehingga sisa hari kalender untuk pembenahan pekerjaan yang belum tuntas tersedia cukup longgar, yaitu 50 hari kalender.

    Terlepas dari hal tersebut, yang penting saat ini tahapan pekerjaan pembuatan saluran U keliling lapangan sampai waktu yang dijadwalkan nanti sudah tuntas. Demikian pula untuk pekerjaan yang lain, karena di tengah pekerjaan pembuatan saluran lengkap dengan bak resepannya juga diikuti pekerjaan lain yang saat ini juga bisa mulai dikerjakan, yaitu pembuangan sisa-sisa tanah dari lapangan.

    Jika pembuangan dalam beberapa hari ini tuntas, maka pekerjaan lain yang sudah siap dikerjakan adalah menggelar lapisan geoetekstil yang diikuti dengan menggelar pelapis material lainnya. ”Yakni, batu pecah ukuran 2/3 cm, 1/2 cm, dan juga 1/1 cm, serta berikutnya adalah melapisi bagian permukaan lapangan sebelum dipasang rumput sintesis, adalah abu batu,”imbuhnya.