Penawaran Lelang Paket Pekerjaan Jalan Kembali Dievaluasi

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati pihak Pengadaan Barang/Jasa  (PBJ) Kabupaten Pati sudah menyampaikan rekanan penyedia jasa yang sementara lolos penawaran, untuk 19 paket pekerjaan peningkatan ruas jalan, tapi hal tersebut tetap harus dilakukan evaluasi. Selain paket peningkatan ruas jalan sebanyak itu, ada pula satu paket pekerjaan lainnya, yaitu pembuatan talut antara Pasar Hewan Bumiharjo, Winong – Bringin Wareng.

Selain itu, juga terdapat satu paket pekerjaan peningkatan ruas jalan yang sama sekali tidak ada penawarnya, yaitu ruas jalan Tambakromo – Kayen, KecamatanTambakromo/Kayen. Karena tidak ada  penyedia jasa yang menawar, maka pihak PBJ akan mengembalikan hal itu kepada pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Pengembalian tersebut, kata Kasub-Bag PBJ Kabupaten Pati, Alfinsius Rico, tak lain bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut, apakah paket pekerjaan itu dilelang ulang atau secara resmi dibatalkan. ”Jika harus dilakukan lelang ulang, maka pihak PBJ akan membuka penawaran baru untuk rekanan yang berminat,”paparnya.

Akan tetapi, lanjut dia, bagi rekanan yang hendak memasukkan penawaran untuk paket pekerjaan yang diulang tersebut, terlebih dahulu rekanan yang bersangkutan harus mendaftarkan diri ke PBJ. Pada tahapan pemasukan penawaran nanti, hal itu harus dusamnpaikan lewat aplikasi lelang pengadaan secara elektronik (LPSE).

Karena itu, pihaknya akan menunggu besar kemungkinan ada paket pekerjaan peningkatan jalan yang lain untuk diulang, karena hasil evaluasi penawaran tidak memenuhi syarat. Dengan demikian, pemasukan penewaran yang sudah dipaparkan jumlah rekanannya tetap terbuka untuk diulang, jika dari hasil evaluasi penawaran memang tak bisa dijadikan dasar penetapan rekanan penyedia jasa yang keluar sebagai pemenangnya.

Dari paket pekerjaan peninggiatan ruas jalan sebanyak itu, paling banyak rekanan yang memasukkan penawaran justru untuk paket pembangunan talut, yaitu ada 15 rekanan penyedia jasa. ”Adapun yang lainnya sebanyak 13 paket masing-masing hanya ada satu penawar, dua, dan ada yang juga tiga penawar, yaitu akses ruas jalan Karangmangu, Bajomulyo yang pagu anggarannya dari APBD Kabupaten Pati Tahun 2020 sebesar Rp 2 miliar,”imbuhnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Raja Kaya Tidak Lagi Harus dalam Satu Rumah
Next post Hari 11 TMMD, Pengecoran Jalan di Desa Gulangponge Terselesaikan
Social profiles