Pati Tempati Urutan Keempat Penyaluran BLT DD Provinsi Jawa Tengah

0
65
Data penyaluran BLT-DD.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kabupaten Pati menempati urutan keempat dalam bidang realisasi penyerapan dan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Provinsi Jawa Tengah pada gelombang atau bulan ketiga tahun 2020 ini. Laporan tersebut diterima Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) hari Jumat (17/7) kemarin.

“Posisi Kabupaten Pati dalam penyaluran BLT DD bulan ketiga menempati urutan keempat di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Pati telah menyerap dan menyalurkan 320 desa,” bunyi laporan penyaluran BLT DD bulan ketiga Dispermades oleh Provinsi Jawa Tengah.

Terdapat 401 desa se-Kabupaten Pati yang dalam laporan tersebut sebanyak 320 desa hingga hari Jumat kemarin itu telah disalurkan masing-masing desa. Capaian itu menempatkan posisi Kabupaten setempat berada urutan keempat dengan capaian 80 persen.

Selanjutnya, adapun posisi pertama diduduki oleh Kabupaten Rembang. Dengan rincian jumlah desa 287, serta 274 desa yang telah menyalurkan hak masyarakat tersebut untuk menangani dan membantu dampak covid-19. Capaiannya sendiri terhitung 95 persen.

Posisi kedua yaitu Kabupaten Kendal telah menyalurkan 248 dari jumlah 266 desa. Dengan capaian 93 persen. Selanjutnya ada Kabupaten Sragen, yakni sebesar 88 persen. Desa di Kabupaten Sragen telah menyalurkan 172 dari jumlah 196 desa, lanjut bunyi laporan tersebut.

Meski demikian, ada beberapa kabupaten yang belum menyalurkan BLT DD kepada masing-masing warganya. Setidaknya ada 8 (delapan) Kabupaten yang dalam laporannya disebutkan masih nihil. Artinya, belum ada desa yang menyalurkan BLT DD.

“Kabupaten yang laporannya masih 0 persen itu dari Kabupaten Banyumas, Magelang, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Blora, dari Temanggung serta terakhir yakni Kabupaten Kudus,” jelas isi laporan BLT DD.

Namun, terlepas belum disalurkan BLT DD bulan ketiga ini oleh pemerintah setempat. Akan tetapi, hingga hari Jumat kemarin itu dalam data laporan dari Provinsi Jawa Tengah kepada masing-masing daerah merupakan indeks grafis terhadap penyaluran BLT DD pada masing-masing warga.