Belanja di Pasar Puri Sekarang Cukup dari Rumah

0
143
Personel Bidang Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati chek bel hasil belanjaan melalui Belanja Pasar Puri Online.
Tampilan chat di WhatsApp (WA) dengan Pasar Puri online.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk mengurangi terjadinya kontak dekat antara pedagang dengan pengunjung Pasar Puri Pati, maka Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperind) Kabupaten Pati melakukan terobosan. Yakni, menyediakan aplikasi Belanja Pasar Puri Online yang ternyata lebih mudah diakses para pengunjung yang bisa datang langsung untuk bertemu pedagang penjualnya.

Dengan demikian, sekarang belanjar di pasar tersebut dilakukan dari rumah sesuai pesanan yang bisa dibuka cukup mudah melalui sistem aplikasi dimaksud. Satu di antaranya yang paling mudah lewat ”Chat WhatsApp (WA) Pasar Puri Online,” karena akan  langsung bisa terhubung dengan admin WA tersebut atau klik WA no (081215512209) Pasar Puri Online.

Berikutnya, kata salah seorang personel dari Bidang Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati, Widyo, ada  perintah (Lanjutkan Ke Online) muncullah sapaan  ”Selamat berbelanja di Pasar Puri Online lurr….., hari ini mau belanja apa. ”Jika muncul pertanyaan itu, maka tinggal mengetik mau belanja apa saja mulai dari sayur, daging, sembako, jajanan sampai buah-buahan maka berikutnya silakan ditanyakan berapa harganya?,”ujarnya.

Cukup dengan itu, lanjutnya, tinggal menunggu di rumah karena admin akan mencarikan barang kebutuhan ke tempat para pedagang, dan jumlah admin ini ada empat orang. Setelah semua barang yang dibeli didapat, maka admin akan memanggil pengantar barang belanjaan  yang juga siap mengantar kepada para pemesan, maka selain barang sesuai pesan sudah dilengkapi nota pembayaran sekaligus ongkos kirim (ongkir).

Barang belanjaan melalui Belanja Pasar Puri Online setelah diantar sesuai pesanan
juga lengkap diserta nota pembayaran.(Foto:SN/dok-wid)

Dalam kesempatan tersebut seorang admin bisa belanja sekaligus untuk dua atau tiga pemesan, tergantung sedikit atau banyaknya barang yang dipesan karena pengantar akan membanya ke alamat pemesan, sepanjang jaraknya dari pasar hingga lokasi kediaman pemesan maksimal 4 kilometer. Karena itu selain 4 orang admin WA tersebut untuk pengantar barang ini ada 10 orang, dan jika semua beroperasi melayani pesanan maka pegawai pasar juga akan ikut ambil bagian.

Prinsipnya ditengah situasi pandemi penyebaran virus Corona (Covid-19) mulai pukul 07.30 hinggga 14.00 Pasar Puri Pati tidak dipadati oleh para pengunjung yang hendak berbelanja, karena hal itu sudah bisa dilayani  secara online sehingga belanja  cukup dilakukan dari rumah. ”Selain chat melalui WA Pasar Puri Online juga bisa dibuka aplikasi instal yang prinsipnya tidak jauh berbeda, silakan mencoba,”imbuh Widyo.