Mengurangi Kemungkinan Penyebaran Covid-19 , Kedisiplinan Prokes arus Ditingkatkan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Camat Dukuhseti Agus Purwanto mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menaati protokoler kesehatan. Sebab, baru-baru ini informasi menyebutkan bahwa penularan Covid-19 bukan hanya melalui kontak dekat secara personal maupun dengan media (alat penghubung, red).

“Seperti informasi yang disebut oleh World Health Organization (WHO) itu, menyebutkan bahwa penularan Covid-19 juga melalui udara. Tidak hanya dengan kontak atau interaksi dekat, juga tidak hanya melalui media tertentu,” katanya di Kantornya kepada Saminnews, Sabtu (11/7/2020).

Kemungkinan transmisi lewat udara sebagai salah satu bentuk transmisi dari Covid-19. Yang sebelumnya, disebut menyebar melalui cara yang paling banyak menjadi media penularan virus corona covid-19 adalah melalui droplets. Droplets dapat terjadi ketika seseorang meninggalkan cairan ketika bersin, batuk, ataupun berbicara dengan lawan bicara.

Jangankan orang awam, katanya lagi, bahkan orang-orang yang berkecimpung dalam bidang kesehatan pun juga tidak mengetahui apakah seorang lawan bicara membawa virus, atau menempel pada benda tertentu. Merekapun juga tidak mengetahui hal itu, bisa diketahui setelah dilakukan pengecekan.

Sebab itu, kondisi ini tergantung dengan pemahaman pribadi masing-masing dalam meningkatkan menjaga kesehatan. Dimulai dari diri sendiri, lalu semakin luas kepada kelompok masyarakat. “Tingkat kedisiplinan kita untuk menjaga hal tersebut ditingkatkan. Dan memang harus lebih ditekankan lagi dari yang sebelumnya,” pesannya.

Tingkat kedisiplinan terhadap perilaku menjaga protokol kesehatan seperti yang diperlihatkan pada layanan di lingkungan kantor kecamatan Dukuhseti juga diperketat harus memakai masker. Guna, mengurangi resiko penyebaran Covid-19.

“Yang saya lihat sejauh ini di (kantor) Kecamatan sudah cukup baik. Mereka mau menaati dengan memakai masker. Demikian juga kantor swastapun juga telah disiapkan sarana-prasarana untuk cuci tangan. Di balaidesa, tempat-tempat umum, bahkan masyarakat secara sadar membuat sanitasi semacam itu,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Adu Cepat Pemdes Ngagel Menangani Covid-19
Next post Tingginya Angka Covid-19 di Jepara, Camat Cluwak Imbau Tidak Kunjungi Kelet
Social profiles