Jelang Idul Adha Harga Kepokmas Masih Stabil

SAMIN-NEWS.com, PATI – Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di Kabupaten Pati masih terbilang stabil menjelang Hari Raya Idul Adha 31 Juli mendatang. Justru, ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga. Kondisi tersebut disebabkan turunnya permintaan dan melimpahnya pasokan.

Seperti data yang dihimpun Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sutrisno di wilayah setempat pada Senin (29/7). Harga daging ayam, telur ayam, dan daging sapi relatif masih stabil. Daging ayam rata-rata dijual dengan harga Rp 33 ribu per Kilogram (Kg), telur ayam Rp 24 ribu per kg, dan daging sapi murni (has) dibandrol Rp 105 ribu/kg.

Sementara untuk komoditas sayuran, tidak akan tepengaruh oleh momen-momen tertentu, seperti Idul Adha dan Idul Fitri. Karena, dipengaruhi oleh situasi masa panen atau tidaknya.

“Kenaikan harga terjadi pada komoditas harga cabe. Yaitu cabe merah keriting serta cabe rawit hijau. Pada masing-masing cabe tersebut ada kenaikan harga 1000 rupiah dibandingkan dengan hari Selasa (28/7) kemarin,” katanya berdasarkan data Informasi Perkembangan Harga Kebutuhan Rata-rata di Pati.

Berdasarkan data yang dikeluarkan tersebut, bisa diketahui selain kedua jenis cabe tersebut tidak ada perubahan sama sekali. Pasalnya, semua jenis komoditas kebutuhan pokok masyarakat dan barang pokok penting atau strategis dibandingkan sehari sebelumnya ajeg pada posisi harga yang sama.

Kenaikan kedua jenis cabe itu meskipun ada kenaikan harga. Tapi Ia menyebut persediaan pada permintaan masyarakat masih dalam posisi yang balance (seimbang) terhadap jumlah pasokan yang bunyi keterangannya yaitu cukup.

Terlepas dari hal itu, hari raya Idul Adha tinggal besok lusa. Tinggal menyisakan dua hari lagi. Apakah nantinya, harga-harga daging sapi, daging ayam maupun telur ayam masih ajeg pada harga dengan saat ini, atau ada perubahan posisi pada kurva harganya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pendampingan Lintas Sektor bagi Desa Lokus Stunting
Next post E-Koran Samin News Edisi 29 Juli 2020
Social profiles