Generasi Penerus Wajib Memperhatikan Kearifan Lokal

0
41
Para pemateri dalam Webinar yang diselengggarakan Universitas Majalengka (UNMA), Kamis (9/7) hari ini.(Foto:SN/dpk-luthfa).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ketua Program Studi (Prodi) PBSI Universita Majalengka (UNMA), Pipik Asteka MPd sebagai penyelenggara  kegiatan Webinar, Kamis (9/7) hari ini menegaskan, bahwa kita sebagai generasi penerus wajib memperhatikan kearifan lokal pada masing-masing daerah. Hal tersebut sebagaimana dipresentasikan dalam buku ajar sosio linguistik yang mengusung wisdom yang ada di Majalengka.

Selain itu, lanjut dia, agar unggah-ungguh  atau tata krama berbahasa hendaknya  selalu diperhatikan, Sedangkan pemateri terakhir dalam webinar bertemakan ”Implementasi  Pembelajaran Bahasa dan Satra Indonesia  Masa Kini,” adalah Wati Istianti MPd sebagai Dosen Lintas Benua yang mengajarkan BIPA dari Universitas Negeri Semarang.

Dalam tampilan yang terlihat sangat luwes dalam menyampaikan materi BIPA antara Harap dan Nyata ini sudah melanglangbuana  ke Penjuru Dunia. Selain itu ibu ini juga sangat menggemari warna ungu ini menambahkan, bahwa banyak mahasiswa asing yang tertarik untuk belajar Bahasa Indonesia, dan selain itu ibu yang bersangkutan ini juga mengajarkan seni wayang atau kearifan lokal Indonesia pada mahasiswa asing.

Sedangkan materi yang terangkum dalam webinar ini, kata salah seorang pemateri lainnya, Luthfa Nugraheni MPd, sangatlah menarik karena disampaikan oleh enam pemateri sangatlah bervariasi. Apalagi, dia sendiri memaparkan materi sastra, yakni teater tradisional  dan revitalisasi  media pembelajaran cerita rakyat.

Pemateri lainnya yang juga menyampaikan materi yang sama adalah Rodli MPd yang sama-sama mengusung materi pembelajaran yang menyangkut unsur tradisional, agar tidak tergerus oleh lajunya teknologi. Selain itu masih juga ada pemateri lainnya, seperti Dewi Suprihatin MPd dan Laila Fitri Nur Hidayah MPd yang menyajikan  materi Buku Ajar Mata Kuliah Umum  yang ada di Perguruan Tinggi .

Karena itu Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Masa Kini yang diusung UNMA Majelengka dalam webinar ini, cukup mengundang minat peserta dari seluruh Indonesia. ”Hadir dalam kesempatan tersebut selain Rektor UNMA beserta jajarannya juga Dekan FKIP  bersama jajarannya,”imbuh Luthfa Nugraheni MPd.