Sebanyak 75 Peserta Test Massal di Pasar Ngemplak, Dinyatakan Nonreaktif

0
22
Lokasi tes massal di Pasar Ngemplak.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati melaksanakan rapid test masif di kawasan pasar tradisional yang berada di wilayah Pati. Yang dimulai pada tanggal 17 Juni s/d 2 Juli 2020. Dalam rencana yang akan dilakukan kegiatan serupa ada 10 pasar, yang menyebar di berbagai Kecamatan.

Salah satu pasar yang dilaksanakan rapid, yaitu Pasar Ngemplak. Sebanyak 75 orang dari pedagang Pasar Ngemplak, Kecamatan Margoyoso mengikuti program yang dicanangkan oleh pemerintah, yakni rapid test massal virus corona (Covid-19), Senin (22/6/2020).

Para pedagang Pasar Ngemplak Kidul mengikuti test massal untuk rapid test. Sebelum melaksanakan rapid test, setiap anggota juga didata dan dicek suhu tubuh. Proses pemeriksaan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

“Ada 75 peserta dari pedagang pasar yang mengikuti kegiatan rapid test ini. sebelumnya juga dilakukan rapid yang sama di beberapa pasar,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Pati Mimpi Arde Arya kepada Saminnews.

Upaya pemerintah setempat dalam menekan penyebaran kasus virus corona dengan salah satunya mendeteksi dini dengan melakukan rapid test. Serta apabila ada yang hasilnya Reaktif selanjutnya akan ditangani dengan sesuai dari tim medis untuk dilakukan perawatan agar tak menimbulkan persoalan baru, yakni penambahan kasus.

Dilakukan test ini menurut Arde, sebagai bentuk kewaspadaan dan tidak membuat masyarakat khawatir saat berinteraksi di pasar tradisional. “apalagi wacana New normal dari pemerintah itu harus benar-benar disiapkan untuk menghadapinya, yaitu upaya deteksi dini dengan aksi rapid test,” tegasnya.