Ada Peningkatan Pemustaka di Arpusda Mulai Tahun 2018, Tapi Tahun Ini Tidak Bisa Diketahui

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Bidang Perpustakaan Sri Muryani menyebutkan bahwa pengunjung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Pati dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Peningkatan itu terlihat sejak mulai dari tahun 2018 yang lalu, dan tahun 2019 ada peningkatan jumlahnya.

“Kita sebut ada peningkatan itu berdasarkan data yang kita catat. Tahun 2018 ke tahun 2019 misalnya ada kenaikan jumlah pengunjung,” katanya di kantornya kepada Saminnews, Senin (22/6/2020).

Jumlah pengunjung pada tahun 2019  kemarin, dari Dinas Arpusda mencatat sebanyak 39.389 pemustaka. Sedangkan pada tahun 2018 yaitu ada 36 ribu sekian dari pemustaka yang berkunjung ke tempat tersebut. Meski, hanya sampel, yaitu cuma dalam konteks rentang waktu yang hanya 2 tahun itu, namun data dari situ juga terlihat ada peningkatan pemustaka di Pati.

“Akan tetapi untuk tahun 2020 ini karena ada wabah pandemi Covid-19, jadi indeks peningkatan pengunjung atau pemustaka tidak bisa kami catat. Karena sesuai edaran pemerintah untuk tak mengadakan pelayanan,” tambah dia.

Tidak bisa dinafikan, bahwa pandemi Covid-19 tersebut membuat beberapa program dari Arpusda berhenti sementara waktu. Artinya, pada tiap hari tidak ada pemustaka yang datang. Dengan demikian, peningkatan pemustaka itu sendiri tidak bisa dilihat seberapa progesifnya.

Penutupan Dinas Arpusda ini dimulai sejak tanggal 14 Maret 2020 yang lalu. Hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) dari pemerintah, yang langsung segera diterapkan isi daripada SE tersebut. “Mulai pertengahan bulan Maret lalu itu kami tidak membuka layanan peminjaman, dan juga baca di lokasi Arpusda. Tapi, hanya melayani pengembalian buku dari masyarakat atau pemustaka,” tutupnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Sebanyak 75 Peserta Test Massal di Pasar Ngemplak, Dinyatakan Nonreaktif
Next post Pengambilan BST Tahap II, Tersisa Sebanyak 7.117 KPM
Social profiles