Posko Jogo Tonggo Didirikan Bukan Hanya Karena Covid-19

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kecamatan Winong, Pati mengupayakan warganya agar merasa aman dari wabah maupun aksi kriminal kejahatan, agar tidak terjadi di lingkungan Kecamatan setempat. Dengan begitu, pemerintah Kecamatan Winong membuat kebijakan untuk mengadakan pos ‘Jogo Tonggo’ di wilayah tersebut.

“Insya Allah, kita menyatu sama masyarakat untuk memberi rasa aman dan di iringi doa, semoga Winong aman baik dari wabah maupun tindak kejahatan kriminal,” ujar Camat Winong Sunaryo, Selasa (9/6/2020).

Dalam kebijakan yang dibuat itu seperti yang diamanatkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar membuat posko ‘Jogo Tonggo’ di tengah masyarakat. Hal ini juga upaya dalam menangani wabah virus corona dengan saling menguatkan satu sama lain, untuk gotong royong dalam membantu masyarakat yang kesulitan terlebih terdampak wabah covid-19, kata dia.

“Program Jogo Tonggo ini kami laksanakan sesuai perintah Pak Gubernur dalam menghadapi covid-19. Kami mencoba memenuhi semua kriteria yang ada, mulai ekonomi, sosial, keamanan, kesehatan dan hiburan,” katanya.

Karena, bukan hanya persoalan tradisi kebersamaan saja, akan tetapi dengan menjaga bersama wilayahnya dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan mengantisipasi kejahatan kriminal dengan membuat dan mengaktifkan kembali posko sebagai upaya pengaman sosial, serta diistilahkan jogo tonggo.

Saat dikonfirmasi terkait sampai kapan posko ini dijalankan oleh masyarakat, pihaknya mengatakan bukan semata karena covid-19. Tapi, masyarakat didorong selalu untuk selalu peduli terhadap sesama.

“Jogo tonggo itu ruhnya kalau saya mengira ngira, masyarakat didorong dan diimbau untuk selalu peduli pada sesama. kepedulian pada sesama itu ya tidak hanya saat ada Covid. tapi kita harus saling membantu dan menolong serta peduli untuk membantu kepada siapapun terutama pada tetangga dan saudara kita,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Napi Dapat Asimilasi, Lapas Pati Tetap Over Kapasitas
Next post Dampak Pandemi, Ganjar Usulkan Pilkada E-voting
Social profiles