Point Daftar Penerima BLT-DD Layak Disebut Tepat Sasaran

SAMIN-NEWS.com, PATI – Penerima manfaat BLT Dana Desa ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan dan belum mendapatkan bantuan sosial apapun. Pasalnya, akibat virus Corona banyak warga desa menjadi orang miskin baru karena kehilangan mata pencaharian dan bahkan memang layak untuk segera dibantu.

Maka dari itu, Dana Desa akan fokus diberikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan sosial apapun. Khususnya pada masyarakat desa yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan.

Koordinator PKH Kecamatan Cluwak Ayik, menjelaskan bahwa bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) secara praktis di lapangan harus sesuai target sesuai prosedur maupun diprioritaskan kepada orang yang layak menerima. Dia menyebut bisa dikatakan BLT-DD tepat sasaran paling tidak tercantum beberapa point.

“BLT-DD diberikan untuk warga yang khususnya terdampak covid-19 serta warga kurang mampu. Selain itu, yang belum tercover atau mendapat bantuan sosial oleh pemerintahan,” katanya, Senin (15/6/2020).

Lanjutnya, faktor apa saja yang termasuk tidak tepat sasaran BLT DD kategori penerima meliputi berdasarkan Permendes No. 6 Tahun 2020 yakni, pertama sebagai PNS, Perangkat Desa, BPD, non PNS (honor instansi pemerintah), sebagai seorang pengusaha atau wiraswasta (UMKM Makro), terangnya.

“Kemudian, sebagai pendamping desa dan PKH, TKSK, dapat bantuan lain (PKH, BPNT, BSP APBD Kabupaten) dan selanjutnya disebutkan adalah dalam satu keluarga tidak boleh menerima dua bantuan apapun atau menerima bantuan ganda,” imbuh Ayik.

Hal itu juga disampaikan yang berdasarkan seperti Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LPKPK). Oleh karena itu, pihaknya mengajak semua masyarakat untuk mengawal BLT-DD secara tepat sasaran, pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ban Belakang Pecah, Truck Muatan Tebu Oleng Menimpa Warung
Next post Penyemprotan Disinfektan Kembali Dilaksanakan di Pasar Rogowangsan dan Sleko Pati
Social profiles