Pemdes Ngarus Salurkan BLT DD Tahap I Sebanyak 79 KPM

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa Ngarus, Kecamatan Pati/Pati pada hari Jumat (5/6) hari ini menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap I anggaran Dana Desa tahun 2020 di Kantor Desa Ngarus.

Kepala Desa Ngarus Sri Dewi Ratna Palupi mengatakan menyalurkan sejumlah 79 keluarga penerima manfaat (KPM) di desa setempat. Dengan diambilkan dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020.

“Ada 79 warga yang pada hari ini menerima BLT-DD. Acara penyaluran BLT-DD ini juga dihadiri perwakilan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim),” tuturnya kepada Saminnews di sela pembagian.

Pembagian BLT-DD ini ditujukan kepada sesuai kriteria dari pemerintah. Yang pertama, yang belum terdata atau belum memperoleh bantuan dari Pemerintah seperti, PKH, BPNT BST dan atau belum masuk data pada Dinas Sosial. Kedua, yang terdampak langsung akibat wabah pandemi corona virus desease, imbuhnya.

“Kemudian kriterianya selanjutnya, bagi warga pengidap disabilitas atau cacat. Dan juga bagi yang memang secara layak berhak untuk mendapatkan bantuan tersebut,” lanjut Dewi.

Anggaran yang diperuntukkan untuk BLT-DD ini disebutnya senilai 142,2 juta rupiah. Karena, ada perubahan lagi, yang semula cuma 3 (tiga) bulan. Akan tetapi, berubah dengan bertambah lagi 3 bulan. Dengan demikian, ada 6 bulan berturut-turut. Akan tetapi, 3 bulan kedua senilai 300 ribu per penerima manfaat.

Ketua BPD setempat Edy Santoso menambahkan, bahwa selama penyaluran BLT-DD tersebut menggunakan standart protokoler kesehatan yang berlaku. Hal tersebut demi mematuhi anjuran pemerintah dalam rangka mencegah dan menekan penyebaran Covid-19.

“Mulai di pintu depan sudah disediakan cuci tangan, kemudian hand sanitizer, tempat duduknya juga diatur antar peserta berjarak 1 meter. Hal ini untuk upaya physical distancing diantara peserta yang datang di sini,” tambahnya.

 

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Peresmian Kampung Siaga Covid-19 Polda Jateng Dihadiri 50 Orang
Next post Setelah Beberapa Bulan Tutup, Masjid Baitunnur Pati Hari ini Gelar Sholat Jumat
Social profiles